Profesi Keguruan A


Peserta: 31 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Selamat datang di mata kuliah kelas online Profesi Keguruan. Mata kuliah profesi keguruan merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa berbasis pendidikan.


Materi Pelajaran


Pengantar Profesi Keguruan

Mata kuliah profesi keguruan merupakan mata kuliha wajib bagi mahasiswa kependidikan di Pendidikan Teknik Elektro. Sebagai calon seorang guru sudah seharusnya mengetahui bagaimana profesi keguruan dan profesi kependidikan. Pada pengantar ini anda akan mengetahui materi apa yang diakan anda dapatkan selama satu semeter, penilaian, dan metode penyamaian materi yang dilakukan selama satu semester.

Profesi, Profesional, dan Profesionalisme

Kita sudah sering mendngar kata profesi, professional dan profesionalisme. Kadang kita hanya menyebutkan dan tidak memahami apa hakikat dari kata-kata tersebut. Tentu saja 3 kata yang hampir sama tetapi ada ciri-ciri tertentu untuk bias mengidentifikasi ke tiga kata tersebut.

Dalam kehidupan sehari-hari kadang kita tidak dapat membedakan antara pekerjaan profesi dan pekerjaan biasa. Dalam profesi dibutuhkan orang-orang yang profesional dan sikap profesionalisme. Pada sesi ini kita akan membahas tentang Profesi, Profesional, dan Profesionalisme.

Karakteristik & Syarat Profesi Keguruan

Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian para anggotanya. Artinya, ia tidak bias dilakukan oleh sembarang orang yang tidak dilatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu. keahlian diperoleh melalui apa yang disebut profesionalisasi, yang dilakukan baik sebelum seseorang menjalani profesi itu (pendidikan/latihan pra-jabatan) maupun setelah menjalani suatu profesi (in-service training). Diluar pengertian ini, ada beberapa ciri profesi khususnya yang berkaitan dengan profesi kependidikan. Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian para anggotanya. Artinya, ia tidak bias dilakukan oleh sembarang orang yang tidak dilatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu. keahlian diperoleh melalui apa yang disebut profesionalisasi, yang dilakukan baik sebelum seseorang menjalani profesi itu (pendidikan/latihan pra-jabatan) maupun setelah menjalani suatu profesi (in-service training).

Kompentensi Standar Guru Profsional

Pada kempatan ini kita akan membahas tentang Standar Guru Profesional. Menurut undang-undang no. 15 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada pasal 10 ayat 1 menerangkan bahwa kompenensi dasar guru adalah kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompentensi Sikap, Kompetensi Sosial. Pada kesmepatan ini kita akan membahas semua kompetensi untuk mempersiapkan anda sebagai guru profesional.

Ujian Tengah Semester

Pada kesempatan ini anda akan mengikuti UTS secara online. Jawablah pertanyaan yang ada dengan jujur dan tepat. UTS dimulai pukul 08.00-08.30. Karena UTS ini online jadi silahkan cari tempat yang memungkinkan akses internet anda berjalan lancar. Selamat Bekerja

Ujian Akhir Semester

Sampailah kita pada penghujung pembelajaran MK Profesi Keguruan. Pada kesempatan ini kita akan melakukan ujian akhir semester dengan cara online di kelas ini. Pastikan konesi internet anda stabil dan pastikan anda adalah mahasiswa yang aktif/sering hadir (tidak hadir lebih dari 4 kali pertemuan). Silahkan siapkan diri anda dan masuk ke halaman UAS