Teknologi Informasi Komunikasi (PTA)


Peserta: 91 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada saat sekarang ini menjadi bagian penting perannya dalam kehidupan manusia baik untuk membantu berbagai aktivitas pekerjaan ataupun untuk multimedia hiburan yang lengkap. Pada saat ini banyak orang telah menggunakan komputer dalam kesehariannya apalagi bila sudah terhubung ke internet pasti lebih betah duduk berlama-lama di depan komputer. Menjelaskan pengertian internet dimana komputer adalah hal terpenting karena internet itu merupakan jaringan luas untuk menghubungkan komputer diberbagai tempat dibelahan dunia. Bila sudah terhubung ke internet ataupun jaringan komputer yang lebih kecil yaitu LAN ataupun WAN maka perlu diwaspadai akan adanya perpindahan virus beserta variannya yang bisa merusak sistem komputer yang akan berakibat fatal, untuk itu setiap komputer gunakan antivirus terbaik agar lebih aman dan nyaman dalam menggunakan komputer dan menjelajah didunia maya internet online.Komputer pada saat sekarang ini menjadi bagian penting perannya dalam kehidupan manusia baik untuk membantu berbagai aktivitas pekerjaan ataupun untuk multimedia hiburan yang lengkap. Pada saat ini banyak orang telah menggunakan komputer dalam kesehariannya apalagi bila sudah terhubung ke internet pasti lebih betah duduk berlama-lama di depan komputer. Menjelaskan pengertian internet dimana komputer adalah hal terpenting karena internet itu merupakan jaringan luas untuk menghubungkan komputer diberbagai tempat dibelahan dunia. Bila sudah terhubung ke internet ataupun jaringan komputer yang lebih kecil yaitu LAN ataupun WAN maka perlu diwaspadai akan adanya perpindahan virus beserta variannya yang bisa merusak sistem komputer yang akan berakibat fatal, untuk itu setiap komputer gunakan antivirus terbaik agar lebih aman dan nyaman dalam menggunakan komputer dan menjelajah didunia maya internet online.


Materi Pelajaran


Pengatar Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pada kesempatan ini sedikit mengantar bagaimana perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Pada sesi ini anda bisa membaca bahan bacaan Bab 1 Teknologi dan Informasi.pdf . Anda juga bisa membaca presentasi berikut 01-Sejarah Perkembangan Komputer.ppt

Sistem Komputer

Pada kesempatan ini kita akan mebahas sistem komputer, Hardware dan software. Anda bisa membaca bahan bacaan ini sebagai referensi Bab 3 Sistem Komputer.pdf  dan presentasi 02-Sistem Komputer.ppt. anda memiliki tugas juga pada slide terakhir di file presentasi.

Software/Perangkat Lunak Komputer

Software adalah kumpulan instruksi  yang berfungsi untuk menjalankan suatu perintah, seperti memberikan informasi tentang hardware, menentukan fungsi hardware, dan menjalankan sistem. Untuk lebih jelasnya silahkan unggah presentasi berikut 04. Software (Perangkat Lunak).pptx

Konsep Jaringan Komputer

Pada kesempatan ini kita akan membahas konsep jaringan komputer. Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk dan sebagainya.

Untuk Lebih jelasnya anda bisa membaca presentasi berikut 05. Konsep Jarkom.ppt

Anda juga memiliki 2 Tugas pada pertemuan ini pada SLIDE 11 dan SLIDE 24 pada presentasi. 

Internet

Pada pertemuan kali ini kita akan membahas materi Internet. Internet saingkatan dari Interconnected Network. Jaringan global yang menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya diseluruh dunia. Sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. 

Pada kesmepatan ini anda memiliki tugas untuk mengisi pertanyaan-pertanyaan yang ada di halaman tugas. form tantangan internet Tantangan Internet.docx

MID Test TIK

Silahkan jawab pertanyaan di bawah ini

Tugas Resume (BLOG)

Pada kesempatan ini anda memiliki tugas terakhir membuat resume hasil presentasi semua anggota kelompok. Silahkan masukkan link alamat Blog anda disini.