Keamanan Komputer Kelas F 2021


Peserta: 42 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Keamanan Komputer
 


Materi Pelajaran


Pertemuan 3

Mengenai Pengantar Kriptografi

Hasil gambar untuk apa itu kriptografi

Kata kriptografi atau cryptography diketahui berasal dari bahasa Yunani, kripto dan graphia. Dimana kripto memiliki arti menyembunyikan, sementar graphia berarti tulisan. Sehingga bisa dijabarkan kriptografi merupakan ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berkaitan dengan aspek keamanan informasi. Contohnya seperti keabsahan data, kerahasiaan data, kredibilitas data, integritas data, dan autentikasi data. Akan tetapi, tidak semua aspek keamanan informasi bisa diatasi dengan kriptografi.

Kriptografi bisa pula diartikan sebagai suatu ilmu atau seni menjaga keamanan pesan. Dengan dua proses dasar kriptografi berupa enkripsi dan dekripsi. Berikut pengertian tentang keduanya:

  • Enkripsi
    Enkripsi merupakan proses mengolah plaintext (pesan yang bisa dibaca) menjadi ciphertext (pesan acak yang tidak bisa dibaca).
  • Dekripsi
    Dekripsi adalah kebalikan dari proses enkripsi. Yakni suatu proses mengolah ciphertext menjadi plaintext. Proses ini berlangsung menggunakan kunci yang sama dan algoritma pembalik.

Pertemuan 5

Kata kriptografi atau cryptography diketahui berasal dari bahasa Yunani, kripto dan graphia. Dimana kripto memiliki arti menyembunyikan, sementar graphia berarti tulisan. Sehingga bisa dijabarkan kriptografi merupakan ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berkaitan dengan aspek keamanan informasi. Contohnya seperti keabsahan data, kerahasiaan data, kredibilitas data, integritas data, dan autentikasi data. Akan tetapi, tidak semua aspek keamanan informasi bisa diatasi dengan kriptografi.

Jelaskan prinsip yang mendasari kriptografi

Pertemuan 6

•Kriptografi merupakan teknik yang digunakan dalam dunia keamanan untuk mengamankan pesan agar tidak dapat diketahui maknanya oleh pihak yang mencuri pesan tersebut dengan mengubah pesan asli (plain text) menjadi pesan yang disandikan (cipher text).
•Proses mengubah pesan asli menjadi pesan acak atau yang disandikan disebut dengan enkripsi, sedangkan proses pengubah pesan yang disandikan menjadi pesan asli disebut dengan dekripsi.
•Kriptografi sendiri sering dikatakan sebagai seni mengamankan pesan. Mengapa dikatakan seni? Karena algoritma maupun key yang digunakan untuk mengamankan pesan dibuat berdasarkan keinginan oleh pembuat kunci tersebut, semakin baik maka akan semakin aman pesan yang dikirimkan.

Pertemuan 7

nSistem enkripsi terkadang membagi plaintext menjadi blok-blok yang terdiri dari beberapa karakter yang kemudian dienkripsikan secara independen.
n
nDengan menggunakan enkripsi blocking dipilih jumlah lajur dan kolom untuk penulisan pesan. Jumlah lajur atau kolom menjadi kunci bagi kriptografi dengan teknik ini.
n
nPlaintext dituliskan secara vertikal ke bawah berurutan pada lajur, dan dilanjutkan pada kolom berikutnya sampai seluruhnya tertulis. Ciphertext-nya adalah hasil pembacaan plaintext secara horizontal berurutan sesuai dengan blok-nya.

MID SEMESTER

Assalamu alaikum wr.wb 

Untuk mahasiswa semua nya silahkan mengerjakan MID Test hari ini dengan link dibawah ini

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfCvMTb3Qr-KL7zAXyBNFQvOFPy7O4kml1gbr4XC8KKplAOLw/viewform?usp=sf_link