PEMROGRAMAN WEB


Peserta: 14 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


SP 2022


Materi Pelajaran


Informasi Perkuliahan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera, Salam Sehat.

Selamat datang mahasiswa/i di mata kuliah PEMROGRAMAN WEB Selama 16 kali pertemuan kedepan (termasuk UTS dan UAS), kita akan melaksanakan perkuliahan secara fully online. Perkulaian ini kita laksanakan sampai kondisi normal kembali.  Selama perkuliahan kita akan menggunakan tiga mode interaksi atau ruang belajar, yaitu: (1) Tatap maya melalui fasilitas video conference Google meet, BigBluebutton, atau Jitsi. Kita menggunakan video conference ini hanya untuk mengkonfirmasi kemajuan belajar, hal-hal penting untuk disampaikan dan perlu didiskusikan secara langsung; (2) Belajar mandiri melalui bahan ajar (e-book/e-handout, video/simulasi), aktivitas forum, tugas mandiri, quiz/latihan yang disediakan di LMS ini; (3) Belajar kolaboratif melalui forum diskusi di LMS dan/atau WA Grup, serta tugas kelompok yang disediakan di LMS ini. Untuk mengakses bahan ajar dan aktivitas belajar di LMS ini, kami dari tim dosen menyarankan untuk menggunakan Laptop dan yang pasti koneksi internet stabil. 

 

Mahasiswa diharapkan selalu mengunjungi laman informasi perkuliahan ini terkait hal-hal yang disampaikan oleh dosen Pengampuh dan Mitra yang mengajar pada Matakuliah ini sebelum mengikuti perkuliahan disetiap pertemuan.

 

 

Terima kasih atas perhatiannya, Selamat belajar...

PERTEMUAN 1 - PENGANTAR KOMUNIKASI DATA

Disini akan dibahas mengenai konsep dasar komunikasi data, manfaat dan implementasi komunikasi data. Selain itu juga dibahas mengenai standart komunikasi data, media dan model transmisi yang digunakan  serta metode komunikasi data. Silahkan membaca materi berikut untuk pemahaman lebih mendalam.

PERTEMUAN 2 - MODEL JARINGAN

Mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mengidentifikasi model jaringan 

ada pertemuan ini, kita akan mereview mengenai sistem dan model jaringan. Kaliah harus memahami mengenai lebih dalam mengenai standar dan protokol Komunikasi data. Silahkan membaca dan memahami lebih jauh!!!

 

PERTEMUAN 3 - WEB DEVELOPER

Web Develoer adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (dan), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.

PERTEMUAN 4 - TRANSMISI ANALOG

Mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mengidentifikasi konsep transmisi analog

Analog Transmission merupakan suatu upaya mentransmisi sinyal analog tanpa memperhatikan muatannya; sinyal-sinyalnya dapat mewakili data analog atau data digital. Untuk mentrasnmisikan data-data tersebut perlu di konversi ke sinyal Analog. Proses pengkonversiannya akan kita pelajari pada topik ini. 

 

 

PERTEMUAN 5 - MEDIA TRANSMISI

Mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mengidentifikasi konsep media transmisi

Apa itu "Media Transmisi"??? Media Transmisi adalah perangkat atau media yang digunakan dalam pentransmisian data ketempat atau lokasi lain. Media transmisi yang dikenal ada macam yaitu Guided Media dan Unguided media.

Media transmisi Guided (Terpandu) adalah media yang mampumentransmisikan besaran-besaran fisik lewat materialnya. Contoh : kabel twisted-pair, kabel coaxial dan serat optik.

Media transmisi Unguided (Tidak Terpandu) adalah mentransmisikan gelombang electromagnetic tanpa menggunakan konduktor fisik seperti kabel atau serat optik. Contohnya adalah gelombang radio dan infra red.

PERTEMUAN 6 - SWITCHING

Switching & Multiplexing

 

Mungkin diantara kalian ada yang masih tidak bisa membedakan atau belum mengatahui apa sih switching dan multiplexing ini. Apa tujuan dan manfaatnya pada proses komunikasi data.

 

Switching adalah melakukan suatu proses hubungan antara dua pelanggan telepon, sehingga keduanya dapat berbicara satu sama lain. Bagaimana proses switching ini? Silahkan disimak pada materi berikut.

 

Sedangkan Multiplexing adalah teknik menggabungkan beberapa sinyal untuk dikirimkan secara bersamaan pada suatu kanal transmisi. Bagaimana proses untuk melakukan switching ini? Silahkan simak pada materi ini.

 

PERTEMUAN 7 - PENGGUNAAN TELEPON DAN KABEL JARINGAN UNTUK TRANSMISI DATA

Mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mengidentifikasi konsep Penggunaan Telepon dan kabel Jaringan untuk Transmisi Data