TEKNOLOGI MEKANIK D4 2021 KELAS A


Peserta: 40 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mempelajari tentang ilmu teknologi mekanika, permesinan, Perkakas, dan ilmu-ilmu manufaktur.


Materi Pelajaran


PERTEMUAN 1 - TEKNOLOGI MEKANIK

Assalamualaikum Warahmatullahi Wr.Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera.

Mahasiswa baru jurusan teknik Mesin FT UNM yang saya banggakan .. selamat datang dan bergabung menjadi bagian dari UNM, pertemuan pertama ini sy akan menyampaikan beberapa hal tentang kontrak belajar kita di ruang kelase UNM, pembelajaran daring ini tidak dilakukan secara virtual mengingat jaringan dan paket kuota / data seluler sebagian mahasiswa. namun tdk menutup kemungkinan dalam satu sesi nanti kita akan adakan secara virtual agar dapat saling mengenal. Perkuliahan akan kita lakukan secara penuh sampai ada pemberitahuan lebih lanjut tentang pelaksanaan proses pembelajaran di kampus di masa pandemi.

adapun aturan di MK ini yaitu:

1. Mahasiswa wajib mengikuti seluruh rangkaian pembelajaran daring

2. Mahasiswa wajib diisi daftar hadir sesuai akun masing-masing

3. Sesi materi baru akan dibuka setiap hari selasa pukul 8.00 wita.

4. Tugas akan dikumpulkan paling lambat sehari setelah sesi dibuka.

5. Ruang pembelajaran ini akan terbuka sepanjang waktu, agar mahasiswa dapat kembali belajar materi kapanpun.

6. Mahasiswa yang login atau masuk dalam kelas ini akan tercatat waktu secara otomatis.

7. Kerjakan tugas secara mandiri dan jujur.

8. Jika ada pertanyaan yang bisa dilakukan di kelas ini atau di WA Group.

Demikian beberapa aturan dalam mengikuti kelas daring ini.

Selanjutkan saya akan mempelajari materi pertama dalam bentuk pdf, silahkan adik2 sekalian membaca dan menganalisis materi tersebut, kalian juga dapat mencari referensi dari sumber belajar lain ..

berikut materinya, silahkan klik dibawah ini. dan jangan lupa mengisi daftar hadir di kolom ABSENSI dan mengerjakan tugas di kolom TUGAS.

PERTEMUAN 2 - ELEMEN DASAR MESIN PERKAKAS

Sesi ini kita akan memeplajari tentang elemen dasar dari mesin-mesin perkakas.

dalam suatu pengerjaan logam diperlukan alat utama ataupun alat bantu dalam melakukannya. olehnya itu mesin-mesin perkakas ini digunakan dalam melakukan pengolahan suatu benda mentah menjadi benda jadi. mesin mesin tersebut ada bebagai macam, dan memiliki komponen utama dalam pengoprasiannya.

silahkan pelajari materi berikut ini.. 

PERTEMUAN 3 - PENGERJAAN PANAS LOGAM

Pengerjaan panas adalah Pemesanan dengan cara memanaskan benda kerja sampai di atas suhu rekristali-sasinya, kemudian diberikan gaya-gaya luar sehingga terjadi perubahan bentuk yang diinginkan.
 
Lebih jelasnya silahkan buka materi berikut ini.

PERTEMUAN 4 - TEKNIK PENGELASAN

Sesi ini kita akan belajar tentang teknik pengelasan.

pengelasan merupakan teknik sambungan dua buah logam atau lebih dibawah pengaruh panas. ada beberapa jenis pengelasan dapat kalian pelajari di materi dibawah ini.

PERTEMUAN 5 MESIN BUBUT

Mesin bubut merupakan salah satu mesin perkakas yang paling sering digunakan  pada bengkel-bengkel.

Karena Mesin Bubut ini memiliki banyak fungsi yang sangat bervariasi dalam proses pengerjaan berbagai macam bentuk benda kerja,seperti untuk membentuk bidang datar, mengebor, membentuk benda bulat, mengulir, membentuk benda-benda bersegi, memotong dan juga untuk membentuk tirus

Lebih jelasnya silahkan baca materi di bawah ini..

silahkan berdiskusi pada kolom diskusi..

PERTEMUAN 6 MESIN FRAIS

SESI INI MEMPELAJARI TENTANG MESI MESIN FRAIS

PERTEMUAN 7 MESIN SEKRAP

Selain mesin bubut dan mesin frais, masih ada mesin perkakas yang tak kalah penting yaitu mesin sekrap. Pada sesi ini kita akan membahas apa itu mesin sekrap:

Adapun cara pengerjaan mesin sekrap antara lan:

  • Sekrap datar

Menyekrap datar adalah bahwa gerak menyayatnya kearah mendatar dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri, arah gerakan pahat tersebut tergantung pada posisi pahat atau dari bentuk sudut-sudut bebasnya, jika pahat tersebut berbentuk pahat kanan maka penyayatannya dimulai dari sebelah kanan ke kiri dan sebaliknya

  • Sekrap Tegak

Menyekrap tegak maka gerak penyayatannya pahat berlangsung dari atas ke arah bawah secara tegak lurus, dalam hal ini pergerakkan sayatan pahat dilakukan dengan memutar eretan pahat dengan tangan. Tebal pemakanan hendaknya tipis saja ± 0,5 mm

  • Sekrap Sudut

Jika menyekrap bagian yang menyudut maka gerak penyayatannya di lakukan dengan memutar eretan pahat yang kedudukannya menyudut sesuai dengan besarnya sudut yang di sekrap.

  • Sekrap Alur

Alur yang dapat disekrap adalah alur terus luar, alur terus dalam, alur buntu dan alur tembus.

lebih jelasnya baca materi berikut..

PERTEMUAN 8 MESIN GERINDA

Mesin gerinda adalah salah satu mesin perkakas yang digunakan untuk mengasah/memotong ataupun menggerus benda kerja dengan tujuan atau kebutuhan tertentu. Prinsip kerja mesin gerinda adalah batu gerinda berputar bersentuhan dengan benda kerja sehingga terjadi pengikisan, penajaman, pengasahan, atau pemotongan.

Untuk lebih jelasnya pelajari materi berikut ini.

PERTEMUAN 9 KERJA BANGKU

Teknik Kerja Bangku adalah teknik dasar yang harus dikuasai oleh seseorang dalam mengerjakan kerja bangku di dalam dunia teknik permesinan sebagai dasar untuk materi teknik permesinan pada tingkat selanjutnya.

UNTUK LEBIH JELASNYA PERHATIKAN MATERI BERIKUT: