Pemrograman 2D & 3D (SA)


Peserta: 4 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Kepada Mahasiswa dihimbau Memasang Foto Profil dan memperbaharui Prodil Akunya

Grafik komputer adalah gambar yang dihasilkan oleh komputer, yang hasilnya sudah sering kita lihat seperti di majalah dan televisi. Disini dibahas bahwa tiap karakter yang dihasilkan diambil dari library dari bentuk karakter yang ada pada memori komputer. Grafik komputer adalah gambar yang dihasilkan oleh komputer, yang hasilnya sudah sering kita lihat seperti di majalah dan televisi. Disini dibahas bahwa tiap karakter yang dihasilkan diambil dari library dari bentuk karakter yang ada pada memori komputer. 


Materi Pelajaran


Pertemuan 1: Dimensi

Transformasi dua dimensi adalah suatu model atau teknik memindahkan atau mengubah nilai posisi objek dalam sistem koordinat dua dimensi. pemindahan objek ini dapat diartikan sebagai pemindahan titik. Grafika komputer 3D adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Hasil ini kadang kala ditampilkan secara waktu nyata (real time) untuk keperluan simulasi.

Pertemuan 2: Aplikasi Pemrograman 2D

Pada pertemuan ini kita akan membahas tentang salah satu aplikasi pemrograman 2D yang sangat mudah digunakan, silahkan tonton video berikut dan amati dengan seksama.

https://youtu.be/kC01_QGJtiY

Pertemuan 3: Button & Symbol

Dalam membuat aplikasi kita mungkin menemukan adanya suatu form dengan button yang kalau diklik akan masuk ke suatu halaman tertentu. Ini terjadi misalnya pada form Submit dan Cancel, pada submit melakukan pemrosesan data sedangkan pada Cancel akan masuk ke halaman tertentu. Pada kasus tersebut kita ingin membuat link dengan tampilan button.

Pertemuan 4: Animasi bentuk 2 Dimensi

Selat siang semoga dalam kodisi sehat-sehat. pada sesi kali ini kita akan melakukan kuliah dengan materi animasi bentuk 2 dimensi dengan mnggunakan Adobe Flash. Beberapa tugas akan anda kerjakan secara mandiri hari ini. Saya yakin hampir sebagian besar sudah pernah menggunakan Adobe Flash untuk membuat sebuah animasi.

Pertemuan 5: Action Script

Tumbukan atau hitTest. Action Script ini pasti hampir sebagian game menggunakannya, contohnya ketika pemain bertumbukan dengan musuh maka nyawa atau darah pemain berkurang. atau ketika pemain bertumbukan dengan koin maka score pada pemain bertambah dan masih banyak lagi.

Pertemuan 6: Game Sederhana

Pada pertemuan ini kita akan belajar bagaimana membuat sebuah game sederhana menggunakan aplikasi pemrograman 2D, game tersebut mencakup link button dan script tumbukan yang telah kita pelajari sebelumnya.

Pertemuan 6: Animasi 3Dimensi

Animasi 3D merupakan perkembangan dari animasi 2D. Bisa juga dibilang adanya animasi 3D ini dampak dari perkembangan teknologi yang semakin pesat.] Animasi 3D adalah suatu objek animasi yang terdapat dalam ruang 3D. Animasi ini tidak hanya memiliki tinggi dan lebar, melainkan juga memiliki volume atau kedalaman (height, widht, depth). Objek animasi bisa berputar dan bergerak layaknya objek aslinya. Tampilannya seolah-olah nyata dan hidup.