Pengantar Ilmu Komputer


Peserta: 42 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Selamat datang di kelas mata kuliah Pengantar Ilmu Komputer, kelas ini diikuti oleh mahasiswa semester III. Jumlah SKS 2.

Attention Please..!

Bagi Mahasiswa Peserta MK. Pengantar Ilmu Komputer Harap memeriksa accountnya, sertakan Nama dan Foto Yang jelas serta memeriksa yang punya double account (akun ganda--ada beberapa yg punya akun ganda). Kami tidak bertanggung jawab jika ada kesalahan dalam penilaian di akhir karena beberapa kesalahan tersebut di atas. Terima kasih.


Materi Pelajaran


Mukaddimah Mata Kuliah

Selamat datang di pertemuan pertama mata kuliah pengantar ilmu komputer. Pada pertemuan ini kita akan hanya menjelaskan silabus mata kuliah, aturan, dan proses perkuliahan selama satu semester.

Sesi 1 : Teknologi dan Informasi

Perkembangan teknologi informasi yang berkembang semakin pesat membuat manusia semakin mudah dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Seperti tujuan utama teknologi adalah memudahkan manusia. Pada kesmpatan ini kita akan membahas materi Teknologi Informasi. ada bahan bacaan dan tugas pada sesi ini.

Sesi 2 : Sistem Komputer

Pada kesepatan ini kita akan membahas tentang sistem komputer, hardware komputer dan software. Pada sesi ini kebanyakan proses pembelajaran adalah membaca cepat bahan bacaan yang di disiapkan. Ada tantangan yang akan diselesaikan para mahasiswa dengan cara berpikir terbalik. Selamat kuliah.

 

Sesi 3 : Teknologi Internet dan Web

 

Internet adalah kumpulan atau jaringan dari jaringan komputer yang ada di seluruh dunia. Dalam hal ini komputer yang dahulunya standalone dapat berhubungan langsung dengan host-host atau komputer-komputer yang lainnya. Pada sesiini kita akan mebahas tentang internet dan Web, dimana ada bahan bacaan yang bisa anda baca Bab 12 Teknologi Internet dan Web.pdf. Anda juga memiliki tugas mencari situs internet yang bermanfaat bagi guru dengan menggunakan form ini Situs-Situs_yang_Bermanfaat_untuk_Guru.doc

Sesi 4 : E-Commerce & E-Bussines

 

Huruf "E" disini mengacu pada kata "Electronic", tapi lebih banyak digunakan dalam konteks Internet. Dari namanya, kita sudah bisa menebak kalau ini berkaitan dengan kegiatan yang bersifat komersial. Tidak salah memang, karena istilah e-commerce yang akan kita bahas ini memang mengacu pada kegiatan komersial di Internet.
Pada kesempatan ini kita akan berdiskusi jigsaw dari bahan bacaan Bab 13 E-Commerce dan E-bussiness.pdf . Silahkan download dan baca berdasarkan pembagian kelompok

Sesi 5: Bilangan

Pada kesempatan ini anda akan belajar tentang bilangan Desimla, Biner, Oktal, Hexadesimal. Anda memiliki tugas untuk memberikan contoh bilangan tersebut dan conversinya.

Sesi 6 : Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah suatu sistem yang didalamnya terdiri dari dua atau lebih perangkat komputer serta perangkat - perangkat lainnya yang dibuat atau dirancang untuk dapat berkerja sama dengan tujuan agar dapat berkomunikasi, mengakses informasi, meminta serta memberikan layanan atau service antara komputer satu dengan yang lainnya.

Pada kesempata ini anda memiliki tugas untuk membuat sebuah presentasi atau artikel tentang jaringan komputer. Tugas yang anda buat akan dipresentasikan di hari selasa 15 Desember 2015. Pastikan anda semua membawa file saat presentasi.

Ujian Akhir Semester

Selamat datang di sesi terakhir, sesi Ujian Semester. Silahkan terlebihdahulu mengerjakan soal Pra-UAS. Lalu engerjakan UAS di jam yang telah ditentukan.

Daftar Nama Mahasiswa yang Remedial.docx