EVALUASI PEMBELAJARAN KELAS B


Peserta: 33 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


SELAMAT DATANG KELAS ONLINE MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARA, SILAHKAN GUNAKAN FORUM INI UNTUK PROSES PEMBELAJARAN. TERIMA KASIH yes


PTP

Materi Pelajaran


PERTEMUAN 10 PENSKORAN HASIL TES

              Assalamualaikum, salam sejahtera untuk kita semua. Pada pertemuan ke 10 kita akan membahas topik penskoran hasil tes, yang merupakan topik/materi yang penting untuk dipahami bersama sebagai calon tenaga pendidik sebagai referensi kedepan dalam memberikan penskoran hasil tes untuk peserta didik. 

 

              Penskoran merupakan langkah pertama dalam proses pengolahan hasil tes pekerjaan siswa atau mahasiswa. Penskoran adalah suatu proses pengubahan jawaban-jawaban tes menjadi angka-angka.Angka-angka hasil penskoran itu kemudian diubah menjadi nilai-nilai melalui suatu proses pengolahan tertentu. Penggunaan simbol untuk menyatakan nilai-nilai itu ada yang dengan angka, seperti angka dengan rentangan 0-10, 0-100 atau 0-4 dan ada pula yang dengan huruf A, B, C, D dan E.

              Cara menskor hasil tes biasanya disesuaikan dengan bentuk soal-soal tes yang dipergunakan, apakah tes objektif atau tes essay. Untuk soal-soal objektif biasanya setiap jawaban yang benar diberi skor 1 (satu) dan setiap jawaban yang salah diberi skor 0 (nol). Total skor yang diperoleh dengan menjumlahkan skor yang diperoleh dari semua soal. Untuk soal-soal essay dalam penskorannya biasanya digunakan cara memberi bobot kepada setiap soal menurut tingkat kesulitannya atau banyak sedikitnya unsur yang harus terdapat dalam jawaban yang dianggap paling baik. Misalnya untuk soal nomor 1 diberi skor maksimum 4, untuk soal nomor 3 diberi skor maksimum 6, untuk soal nomor 5 skor maksimum 10, dan seterusnya.

PERTEMUAN 11 dan 12 PENGUKURAN RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK

P enilaian otentik perlu dilakukan terhadap keseluruhan kompetensi yang telah dipelajari siswa melalui kegiatan pembelajaran. Di tinjau dari dimensi kompetensi yang ingin dicapai, ranah yang perlu dinilai meliputi ranah kognitif, psikomotor dan afektif.(Diknas, 1995:25) Dalam membuat instrumen penilaian perlu dipertimbangkan ranah atau domain pembelajaran, apakah untuk meningkatkan kemampuan mental, otak, akal (kemampuan berfikir/intellectus); atauuntuk meningkatkan kemampuan bersikap (values), berperilaku, berakhlak, atau untuk meningkatkan kemampuan kinerja atau skill. Benyamin S. Bloom dan kawan-kawannya mengembangkan suatu metode pengklasifikasian tujuan pendidikan yang disebut dengan taksonomi (taxonomy). Mereka berpendapat bahwa taksonomi tujuan pembelajaran harus senantiasa mengacu kepada tiga jenis domain atau ranah, yaitu ranah proses berfikir (kognitif); ranah nilai atau sikap (afektif); dan ranah keterampilan (psikomotor).

FINAL EVALUASI PEMBELAJARAN (20 MENIT)

SELAMAT BEKERJA