Daftar Sekarang
Total Rating : 0 / 0 Orang

Fasilitator

Teknik Pendinginan dan Pembekuan


Peserta: 3 Orang  Pendaftaran: Ditutup 


Mata kuliah Teknik Pendinginan dan Pembekuan membahas mengenai konsep dasar teknik pendinginan dan pembekuan berbagai jenis produk pangan baik nabati maupun hewani, proses pindah panas dan termodinamika yang terjadi dalam proses pendinginan dan pembekuan, jenis-jenis mesin pendingin dan pembekuan yang digunakan, pemilihan mesin berdasarkan produk pangannya, dan dampak dari perlakuan pendinginan dan pembekuan terhadap produk pertanian serta perkembangan teknologi pendinginan dan pembekuan pada produk pertanian.


Materi Pelajaran


Pendinginan Produk Pangan

Pada sesi ini akan dibahas mengenai pendinginan produk-produk pangan, berupa buah dan sayur, produk-produk dari sektor perikanan serta peternakan. Didalamnya akan dibahas mengenai efek yang terjadi akibat proses pendinginan dan pembekuan pada bahan pangan, serta jenis teknik pendinginan yang dapat digunakan.

Pengolahan Pangan dengan Suhu Rendah

Pada sesi ini akan dibahas mengenai pengolahan pangan dengan suhu rendah. Bahasan meliputi konsep dasar dan sejarah, cara-cara pengawetan dengan suhu rendah, kerusakan-kerusakan akibat penyimpanan suhu rendah, perlakuan sebelum pendinginan dan pembekuan, serta contoh-contoh industri pangan beku.

Pembekuan Bahan Pangan

Pada sesi ini akan dibahas mengenai materi pembekuan bahan pangan. Didalamnya dijelaskan mengenai prinsip pembekuan, peralatan  yang digunakan untuk  membekukan bahan pangan, pemodelan  proses pembekuan, efek  pembekuan  pada kualitas bahan pangan, serta umur simpan bahan pangan beku.

Teknologi Pembekuan Pangan

Pada sesi kali ini akan dibahas mengenai teknologi pembekuan pangan. Materi yang dibahas meliputi mekanisme proses pembekuan, perhitungan lama pembekuan, jenis-jenis freezer, serta laju pembekuan. Materi kali ini bersumber dari salah satu artikel seminar PATPI yang ditulis oleh Purwiyatno Hariyadi.