Daftar Sekarang
Total Rating : 0 / 0 Orang

Fasilitator

Mesin Produksi Pertanian


Peserta: 4 Orang  Pendaftaran: Ditutup 


Mata Kuliah Mesin Produksi Pertanian adalah mata kuliah pilihan untuk bidang minat mekanisasi pertanian pada Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik UNM. Mata kuliah ini membahas tentang mesin-mesin yang digunakan dalam penanganan dan pengolahan produk-produk pertanian yang sesuai untuk pengembangan teknologi pengolahan produk pertanian. Bahasan pada mata kuliah ini meliputi materi kegiatan–kegiatan dalam pengolahan hasil pertanian dan mesin-mesin penanganan produk pertanian, seperti mesin-mesin pembersihan, sortasi, dan grading, mesin-mesin pengecilan ukuran dan pengayakan, mesin-mesin pengering, mesin-mesin pendinginan dan pembekuan, mesin pemotong/pengiris, mesin pengupas kulit dan pemipil, mesin pengemasan, mesin-mesin ekstrusi, mesin-mesin mixing, mesin-mesin pasteurisasi, dan lain sebagainya. 


PTP

Materi Pelajaran


Mesin Pembersihan, Sortasi, dan Grading

Pada sesi ini akan dibahas mengenai mesin-mesin yang digunakan untuk operasi handling pembersihan, sortasi, dan grading pada produk-produk pertanian.

Mesin Ekstrusi

Pada sesi kali ini kita akan membahas mengenai mesin ekstrusi yang banyak digunakan untuk proses pengolahan pangan.

Untuk mengetahui proses ekstrusi pangan menggunakan mesin ekstrusi pada industri makanan ringan, silahkan menyimak video berikut ini.

Puff Snack Extruding Line With Automatic Packing Machine.mp4

Mesin Penanganan Penggorengan dan Penyangraian, serta Mesin-Mesin Pencampuran

Pada sesi ini akan dibahas mengenai dua jenis mesin produksi pertanian, yaitu mesin dan peralatan untuk penanganan proses penggorengan dan penyangraian bahan pangan, serta mesin dan peralatan untuk proses pencampuran bahan pangan. Kedua materi ini disampaikan secara bersamaan sebagai pengganti pertemuan minggu lalu yang tertunda karena libur nasional.