Fisika Terapan - Kelas A


Peserta: 42 Orang  Pendaftaran: Ditutup 


Mata kuliah ini membahas pemahaman tentang pengukuran besaran-besaran fisika; membaca dan menuliskan hasil pengukuran; menggunakan satuan Sistem Internasional (SI) dengan memperhatikan angka penting; menghitung kesalahan pengukuran dan mengkonversikan besaran dasar dan turunan; memahami dan menerapkan konsep-konsep kinematika dan dinamika dalam kehidupan sehari-hari; membedakan konsep energi, usaha, dan daya; memiliki pemahaman tentang gerak, momentum, dan impuls; memahami sifat mekanik dan fluida pada bahan, serta suhu dan kalor dalam penerapannya pada keilmuan teknologi pertanian. Seluruh pengetahuan ini diharapkan dapat menjadi penguatan untuk mengikuti perkuliahan keteknikan lainnya, dan kemudian dapat menggunakan konsep tersebut untuk menyelesaikan persoalan yang terkait dengan bidang teknologi pertanian. Mata kuliah ini dilaksanakan dengan menjelaskan teori, contoh-contoh soal, diskusi kelas, dan memberikan tugas mandiri kepada mahasiswa.


PTP

Materi Pelajaran


Dinamika (Konsep Gaya)

Tujuan pembelajaran dari sesi pada pertemuan ini adalah setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan  mahasiswa mampu (1) Menjelaskan pengertian gaya dan berat, (2) memahami konsep Hukum Newton I, (3) memahami konsep Hukum Newton II, (4) memahami konsep Hukum Newton III, (5) menjelaskan tentang gaya gesek statis dan kinetis, serta (6) menghitung besar gaya gesek statis dan kinetis.

Usaha, Energi, dan Daya

Pada sesi ini akan dibahas mengenai materi usaha, energi, dan daya. Tujuan dari pembelajaran kali ini adalah diharapkan mahasiswa mampu (1) menjelaskan konsep usaha, (2) menjelaskan konsep energi, (3) memahami tentang energi potensial, (4) memahami tentang energi kinetik, (5) menjelaskan hukum kekekalan energi, serta (6) memahami konsep daya.

Untuk membantu anda mempelajari bahasan pada sesi ini, silahkan mendengarkan penjelasan melalui video berikut.

 

Tegangan dan Regangan

Pada sesi ini akan dibahas mengenai tegangan dan regangan yang terjadi pada benda akibat beban atau gaya luar. 

Untuk membantu anda mempelajari bahasan pada sesi ini, silahkan mendengarkan penjelasan melalui video berikut.

 

Gerak Melingkar

Pada sesi ini akan dibahas materi mengenai gerak melingkar. Tujuan dari pembelajaran kali ini adalah setelah mengikuti perkuliahan, maka mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan tentang gerak melingkar beraturan, menjelaskan pengertian periode dan frekuensi, menjelaskan hubungan periode dan frekuensi, memahami perbedaan kecepatan linier dan kecepatan sudut, menjelaskan pengertian gaya sentripetal, menghitung parameter gerak melingkar, serta menghitung kecepatan linier dan kecepatan sudut pada hubungan roda-roda.

Sebagai bahan pengayaan materi, silahkan menyaksikan penjelasan dari video berikut ini.