Energi Terbarukan


Peserta: 38 Orang  Pendaftaran: Ditutup 


Mata kuliah Energi Terbarukan mempelajari tentang sumber-sumber energi alternatif terbarukan, klasifikasi, prinsip kerja, serta penerapannya sebagai pengganti energi fosil.


Materi Pelajaran


Teknologi Bioenergi

Pada sesi ini kita akan mempelajari tentang teknologi bioenergi, yang meliputi bahasan mengenai urgensi penggunaan bioenergi, peran dan makna strategis bioenergi bagi Indonesia, rute-rute pemanfaatan terpadu suatu jenis tanaman tertentu untuk pangan dan bioenergi, pengembangan listrik berbasis biomassa, tanaman-tanaman Indonesia yang potensial sebagai penghasil bioenergi, serta jenis-jenis bahan bakar nabati.

Sebagai pengayaan materi, silahkan mendengarkan penjelasan mengenai teknologi bioenergi pada video berikut ini.

 

Pure Plant Oil dan Biodiesel

Pada sesi kali ini akan dibahas materi tentang pure plant oil (PPO) dan biodiesel. Bahasan yang diberikan meliputi latar belakang, definisi, sumber minyak dan lemak, cara pembuatan, contoh aplikasi, kelebihan dan kekurangan, serta aspek-aspek lain yang berhubungan dengan tema bahasan.

Sebagai bahan pengayaan materi, silahkan menyimak video berikut ini tentang konversi minyak jelantah atau minyak sisa makanan lainnya menjadi bahan bakar biodiesel untuk berbagai jenis kendaraan.

 

Biogas

Pada sesi kali ini akan dibahas mengenai energi terbarukan dalam bentuk gas yang bersumber dari fermentasi bahan organik, atau yang dikenal dengan istilah biogas.

Sebagai bahan pengayaan materi, silahkan menyimak video berikut ini tentang cara kerja reaktor biogas.

 

Bioethanol

Pada sesi kali ini akan dibahas mengenai energi terbarukan dalam bentuk cairan yang bersumber dari fermentasi bahan organik yang mengandung gula, pati, ataupun lignoselulosa, atau yang dikenal dengan istilah bioethanol.

Sebagai bahan pengayaan materi, silahkan menyimak video berikut ini tentang konversi bahan non pangan (jerami, bagasse, dan lain sebagainya) menjadi bioethanol.