Dasar-Dasar Budidaya Pertanian - Kelas A


Peserta: 34 Orang  Pendaftaran: Ditutup 


Mata kuliah ini memberikan gambaran, wawasan, dan pengalaman kepada mahasiswa program studi Pendidikan Teknologi Pertanian tentang lingkup budidya tanaman dan prinsip-prinsip dalam membudidayakan tanaman, agar mahasiswa mempunyai kompetensi tentang budidaya tanaman secara general dan mampu menganalogikan pada berbagai komoditas yang akan dibudidayakan


PTP

Materi Pelajaran


Benih

Pada pertemuan kali ini akan dibahas mengenai seluk-beluk benih untuk budidaya pertanian, yang meliputi definisi berdasarkan UU RI No. 12 tahun 1992, perkecambahan benih/biji, metabolisme perkecambahan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkecambahan, benih orthodox dan recalcitrant, syarat-syarat benih yang baik, kemunduran mutu benih, sertifikasi benih, pemilihan benih untuk budidaya, serta benih hibrida.

Penyemaian Benih Tanaman

Setelah mempelajari tentang ilmu benih di pertemuan sebelumnya, maka pada sesi ini kita akan mempelajari tentang seluk-beluk penyemaian benih tanaman. Pada materi ini akan dijelaskan tentang pemilihan benih yang berkualitas, tata cara penyemaian benih beserta aspek-aspek pendukungnya, pemindahan bibit untuk pembesaran/produksi tanaman, serta penyulaman tanaman.

Perbanyakan Tanaman

Pada sesi kali ini kita akan belajar mengenai metode-metode perbanyakan tanaman, seperti teknik cangkok, okulasi, stek, sambung pucuk, sambung celah, dan lain-lain.

Perbaikan Tugas Akhir

Untuk mahasiswa dengan nama-nama berikut silahkan mengerjakan pengganti tugas akhir agar nilainya tidak kosong. Nilai tugas akhir sebelumnya kosong/kecil disebabkan karena copy-paste atau tidak mengumpulkan tugas. Nama-nama mahasiswa yg diizinkan untuk perbaikan adalah sebagai berikut :

1. Zulfadli

2. Resa Setapi

3. Fani Rahma

4. Fauzan Hidayat

5. Desy Minsiani

6. Agil.

 

Tugas: 

Buatlah makalah tentang teknologi benih dan penyemaian tanaman. Format makalah adalah sebagai berikut:

SAMPUL

DAFTAR ISI

DAFTAR GAMBAR

DAFTAR TABEL

I. PENDAHULUAN (Latar Belakang dan Tujuan)

II. BENIH

III. PENYEMAIAN TANAMAN

IV. KESIMPULAN

V. DAFTAR PUSTAKA

 

Makalah ini merupakan pengganti nilai ujian untuk bagian pertemuan yang saya laksanakan. Panjang makalah minimal 10 halaman (tidak termasuk sampul), spasi 1, jenis huruf Times New Roman 12 pt, kertas A4, sesuai margin (tepi kiri-kanan-atas-bawah 3 cm), serta ditulis dengan bahasa dan ejaan yang baik. Makalah dikerjakan perorangan.

Harap menulis dengan baik, menelaah isi tulisan, dan tidak sembarangan melakukan copy-paste. 

Batas pengumpulan makalah adalah hari Rabu/9 Desember 2020 jam 14.00 wita ke email lestari.nunik@gmail.com.

PERHATIKAN BAIK-BAIK BATAS WAKTU PENGUMPULAN TUGAS. TIDAK ADA TOLERANSI UNTUK KETERLAMBATAN.

Selamat mengerjakan.