Pengantar Ilmu Komputer kelas E 2020


Peserta: 39 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mata Kuliah ini adalah MK wajib bagi mahasiswa PTIK FT UNM

Link absensi: http://bit.ly/PengantarIlmuKomputerKLSE


Materi Pelajaran


Pertemuan 1

Kontrak kuliah

Pertemuan 2

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh....selamat pagi salam sejahtera untuk semua, pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan berkah dan rahmatnya, Tak lupa Shalawat serta salam semoga selalu tercurah limpah kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, keluarganya, dan juga para pengikutnya hingga akhir jaman. semoga kita semua senantiasa selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Aamiin.
 semoga  ananda sekalian dan keluarga dalam keadaan sehat Wal 'afiat.

Kita lanjutkan pelajaran hari ini yak,  tetap semangat meskipun kita masih dalam suasana pandemic Covid-19 sehingga berada di ruang yg berbeda.

Lunjutkan membaca materi yang saya sudah sampaikan di grup WA selanjutnya kerjakan tugas seuai petunjuk. 

 

Pertemuan 3

Assalamualaikum warahmatullahi... Selamat pagi, semangat pagi... salam sejahtera utk semua... Alhamdulillah masih diberikan kesempatan dan kesehatan  untuk bisa belajar sampai hari ini, Salam dan shalawat kpd Rasulullah SAW dan keluarganya sebagai penerang jalan bagi kita semua.... Semoga ananda semua dalam keadaan sehat wal afiah bersama keluarga, tetap semangat untuk kuliah meskipun kita dibatasi ruang...Ibu berharap tidak mengurangi semangatnya untuk belajar. Selama belajar dari rumah, jangan lupa tetap rajin beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, membantu orang tua,  peduli lingkungan dan masyarakat sekitar ...  jangan lupa isi abasen. 

Baik, etelah membahas tentang sistem komputer pekan lalu yang terdiri atas 3 yaitu: Hardware, Software, dan Barinware, pada pertemuan 3 kali ini kita akan membahas salah satunya yaitu tentang Perangkat keras komputer.

Materi perangkat keras adalah perangkat input, proses, output, dan media penyimpanan. silahkan baca file materi terlampir dengan poin-poin pembahasan sbb:

  1. Perangkat keras komputer
  2. Alat input
  3. 3.1.1.Alat langsung

3.1.2. Alat tidak langsung

  1. Alat proses
    1. CPU
    2. Array Processor
    3. Main Memori
    4. Hubungan antara CPU dgn Main memori dan alat I/O
    5. Pemrosesan instruksi
  2. Alat output
    1. Hardcopy device
    2. Softcopy device
    3. Drive device
  3. Alat penyimpanan luar
    1. File
    2. Sequential acces storage device

3. Direct acces storage device

Pertemuan 4

Assalamualaikum warahmatullahi... Selamat pagi, semangat pagi... salam sejahtera utk semua... Alhamdulillah masih diberikan kesempatan dan kesehatan  untuk bisa belajar sampai hari ini, Salam dan shalawat kpd Rasulullah SAW dan keluarganya sebagai penerang jalan bagi kita semua.... Semoga ananda semua dalam keadaan sehat wal afiah bersama keluarga, tetap semangat untuk kuliah meskipun kita dibatasi ruang...Ibu berharap tidak mengurangi semangatnya untuk belajar. Selama belajar dari rumah, jangan lupa tetap rajin beribadah (shalata, mengaji, dll bagi yang muslim) dan sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, membantu orang tua,  peduli lingkungan dan masyarakat sekitar ...  jangan lupa isi abasen

Pertemuan 4 kali ini kita akan membahas tentang perangkat lunak

Pertemuan 5

Materi pembelajaran pada pertemuan ini:

    Brainware

Database Administrator

Analys system Programmer

Design System

Pertemuan 6

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat pagi, semangat pagi... salam sejahtera utk semua... Alhamdulillah masih diberikan kesempatan dan kesehatan  untuk bisa belajar sampai hari ini, Salam dan shalawat kpd Rasulullah SAW dan keluarganya sebagai penerang jalan bagi kita semua.... Semoga ananda semua dalam keadaan sehat wal afiah bersama keluarga, tetap semangat untuk kuliah meskipun kita dibatasi ruang...Ibu berharap tidak mengurangi semangatnya untuk belajar. Selama belajar dari rumah, jangan lupa tetap rajin beribadah (mengawali dengan doa pada setiap kegiatan, shalat, mengaji, dll bagi yang muslim) dan sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, membantu orang tua,  peduli lingkungan dan masyarakat sekitar ...  jangan lupa isi abasen.

Materi pertemuan 6 ini adalah tentang:

Penerapan komputer:

Dibidang teknik dan ilmu pengetahuan, Dibidang bisnis, Dibidang Industri Dibidang perbankan, Dibidang pendidikan, Dibidang Kedokteran, Dibidang penerbangan, Dibidang kriminalitas, Dibidang permainan

Pertemuan 7 Mid Semester

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat pagi, semangat pagi, salam sejahtera utk semua... Alhamdulillah masih diberikan kesempatan dan kesehatan  untuk bisa belajar sampai hari ini, Salam dan shalawat kpd Rasulullah SAW dan keluarganya sebagai penerang jalan bagi kita semua.... Semoga ananda semua dalam keadaan sehat wal afiah bersama keluarga, tetap semangat untuk kuliah meskipun kita dibatasi ruang...Ibu berharap tidak mengurangi semangatnya untuk belajar. Selama belajar dari rumah, jangan lupa tetap rajin beribadah (mengawali dengan doa pada setiap kegiatan, shalat, mengaji, dll bagi yang muslim) dan sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, membantu orang tua,  peduli lingkungan dan masyarakat sekitar,  jangan lupa isi abasen.

Pada pertemuan ke 7 kali ini adalah pertemuan terakhir (mid semester).

Ibu tidak memberikan kuis akan tetapi membuat makalah tentang pemanfaatan komputer dalam berbagai bidang yang meliputi: 

  1. Bidang teknik dan ilmu pengetahuan
  2. Bidang bisnis
  3. Bidang Industri
  4. Bidang perbankan
  5. Bidang pendidikan
  6. Bidang Kedokteran
  7. Bidang penerbangan
  8. Bidang kriminalitas
  9. Bidang permainan