Aplikasi Perkantoran


Peserta: 40 Orang  Pendaftaran: Ditutup 


Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa mengenai aplikasi perangkat lunak pendukung pekerjaan perkantoran, yang meliputi aplikasi word processor, spread sheet, dan presentation. Beberapa materi akan anda kases secara online di kelas ini secara fulldaring. Bahan bacaan, forum diskusi dan penugasan akan ada setiap sesi pertemuan. Juga akan ada kuis secara acak pada pertemuan tertentu, serta akan ada pertemuan live meeting yang akan anda sepakati menggunakan aplikasi videoconverence.


Materi Pelajaran


PENDAHULUAN

Sesi ini merupakan sesi atau pertemuan pengantar mata kuliah yang berisi Kontrak Kuliah selama satu semeter, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dan bantuan teknis. Selain itu kita juga akan bertemu di live meeting penyamaan presepsi.

PERTEMUAN 1: Memahami Ms. Word

Pada pertemuan kali ini kita akan melakukan perkuliahan tentang ms. word. dan beberapa pertemuan berikut, tentu anda tak asing lagi dengan Ms. Word. Hampir sebagian besar MS. Word merupakan andalan dalam mengolah kata, mengetik, dan membuat dokumen. Pada pertemuan kali ini kita memiliki beberapa aktifitas belajar untuk kita kerjakan, bahan bacaa, forum diskusi, dan tugas. 

PERTEMUAN 2: Ms. Word Menyunting dan Mengatur Tampilan

Dalam menggunakan Ms. Word tentu tak lepas dari menyunting (mengedit/mengolah) susunan kata dan tampilan. pada pertemuan kali ini kita akan belajar tentang bagaimana cara menyunting dan mengatur tampilan ms word. 

PERTEMUAN 3: Format Halaman & Format Review

Pada pertmuan kali ini kita akan mempelajari format halaman dimana beberapa capaian dalam pertemuan kali ini adalah: Mengatur ukuran kertas, Mengatur orientasi kertas, Mengatur batas margin, memasang nomor halaman,  membuat halaman cover, Menyisipkan halaman baru yang kosng, menggunakan header dan footer, memformat dokumen menjadi bentuk kolom, membuat paragraf berbutir, bernomor, dan multilevel list. 

Sedangkan pada format Review anda akan mempelajari: Membuat dan menempatkan tabel, Menempatkan Footnote, Menempatkan komentar, dan Mencetak dokumen. 

Ada beberapa aktifitas pada pertemuan kali ini yaitu bahan bacaan, forum diskusi dan Penugasan.

PERTEMUAN 4: Objek Gambar, Wordart & Hyperlink

Pada kesmepatan ini anda akan mempelajari tentang Objek Gambar, Wordart, dan Hyperlink, anda akan mempraktekkan  tersebut dengan video praktek anda. Pastikan anda membaca bahan bacaan dan mengerjakan forum diskusi dan tugas.

PERTEMUAN 5: Reference, Mailings, dan Review

Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang Reference, Mailings, dan Review. Seperti pada pertemuan sebelumnya ada bahan bacaan, forum diskusi dan tugas yang harus anda selesaikan. Pasrikan tugas anda selesai tepat waktu dan tepat sesui instruksi.

PERTEMUAN 6: Mengenal Ms. Excel

Pada pertemuan ini kita akan masuk ke Ms Excel sebagai pengolah angka. Hampir semua bidang untuk mengolah angka menggunakan excel, khususnya di bidang perkantoran.