Daftar Sekarang
Total Rating : 5 / 8 Orang

Fasilitator

Peserta Terbaru

Strategi Belajar Mengajar


Peserta: 0 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu, meliputi sifat, lingkup, dan urutan kegiatan yang dapat memberi pengalaman belajar kepada siswa. Matakuliah ini akan membahas tentang bagaimana strategi dalam prose belajar mengajar sebagai seorang pendidik. Pertemuan pada semester ini akan dilakukan Full Daring dengan 2 pendekatan pertemuan langsung dan tidak langsung. Pastikan anda terus mengikuti setiap pekanpertemuan sebagai absensi kehadiran.


Materi Pelajaran


PENDAHULUAN

Sesi ini merupakan sesi atau pertemuan pengantar mata kuliah yang berisi Kontrak Kuliah selama satu semeter, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dan bantuan teknis. Selama satu semester akan melakukan full daring.

PERTEMUAN 1: Pengantar Strategi Belajar Mengajar (SBM)

Pada pertemuan ini kita akan mempelajari tentang pengantar Strategi Belajar Mengajar (SBM) dengan beberapa materi seperti Pengertian SBM, Komponen-komponen SBM, Jenis-jenis SBM, Konsep dan Makna Belajar : Bagaimana orang belajar/proses belajar, Teori-teori belajar, Jenis-jenis belajar.

Ada 3 aktifitas dalam pertemuan pertama ini, anda wajib mengikuti dan mengakses semua, Bahan Bahan Bacaan, Forum Diskusi, dan Tugas. Pastikan anda mengerjakan sesui jadwal yang sudah di tentukan.

PERTEMUAN 2: Belajar Mengajar

PAstikan anda sudah selesai mengerjakan pertemuan ke 2 pekan lalu. Pada pertemuan kali ini kita akan belajar tentang belajar mengajar di anatara materinya adalah Tujuan pengajaran dan penjabarannya, Peranan guru dalam pengajaran, Prinsip dasar mengajar, Performance (penampilan guru dalam kelas). 

Dalam kegiatan ini aktifitas anda Forum Diskusi, Bahan Bacaan, dan Tugas. 

PERTEMUN 3: Guru dalam Proses Mengajar dan Belajar

Pada pertemuan ke 3 ini kita akan belajar tentang bagaimana peran guru dalam proses Mengajar dan Belajar (PMB), tentu yang sering kita dengar adalah PBM tetapi lebih tepatnya mengajar terlebih dahulu terus diikuti proses belajar siswa. Pada pertemuan kali ini kita akan membahas ini sebagai salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam strategi mengajar. Pada kesempatan kali ini kita memiliki aktifitas seperti biasa, membaca bahan bacaan, mengikuti ofrum diskusi dan mengerjakan tugas.

PERTEMUAN 4: Fungsi Guru dalam Mengajar Belajar

Pada pertemuan kali ini kita akan belajar tentang fungsi guru dalam mengajar belajar. Dimana ketika seorang guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, maka guru akan memainkan tiga fungsi, yaitu fungsi instruksional, fungsi edukasional, dan fungsi managerial. Fungsi instruksional berkaitan dengan peran guru sebagai pengajar, yakni orang yang memberikan petunjuk berupa ilmu pengetahuan kepada para siswanya. Fungsi edukasional berkaitan dengan peran guru sebagai pendidik, yakni mendidik para siswanya agar memiliki karakter yang kuat. Dan fungsi managerial berkaitan dengan peran guru sebagai manajer kelas, yakni mengatur keperluan administrasi kelas guna mendukung pelaksanaan pembelajaran. 

Pada pertemaun ini anda wajib membaca bahan bacaan, mengikuti forum diskusi, dan mengerjakan tugas. 

PERTEMUAN 5: Strategi Pembelajaran Aktif

Pada pertemuan kali ini kita akan belajar tentang strategi Pembelajaran Aktif, tentu dalam PMB diperlukan strategi yang jitu untuk menghadapi anak didik kita. Sebelum itu anda harus mengetahui apa itu strategi, metode, dan pendekatan pembelajaran. 

Seperti biasa anda akan ada bahan bacaan, forum diskusi, dan tugas yang wajib anda kerjakan.

Tugas Akhir Semester

Pada kesempatan ini anda akan mengerjakan Tugas Akhir Semester. Semester ini berbeda dengan semster semester sebelumnya. Berbagai tantangan yang dihapi dalam smester ini dengan pandemi covid 19 membuat kita terpaksa belajar secara daring dan saya yakin akan kurang efektif.