Pemrograman WEB


Peserta: 28 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Isi  bahan ajar  ini mencakup materi pokok pemrograman web  yakni : HTML , CSS, PHP - MySQL, serta Web Hosting dan Domain . 


Materi Pelajaran


Project Akhir Pemrograman Web

Project Akhir ini merupakan syarat untuk lulus pada mata kuliah Pemrograman Web

Materi I Pengantar HTML

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu sebuah aturan standar yang digunakan untuk menampilkan teks, gambar, audio dan video ke dalam suatu halaman web. Disebut hypertext karena di dalam HTML sebuah teks biasa dapat berfungsi lain, kita dapat membuatnya menjadi link yang dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya dengan hanya meng-klik teks tersebut (Budi Raharjo, 2011:4). 

Materi II Pengenalan WWW dan Web Browser

World Wide Web (www), atau yang sering disebut web merupakan sebuah layanan untuk mengambil informasi baik berupa teks, gambar, suara,maupun video. Dengan adanya web, maka pengguna dapat mengambil informasi yang tersimpan di sebuah komputer lain di ujung duniapun dengan mengikuti link, yang tersedia dalam dokumen yang ditampilan oleh web browser (Betha Sidik, 2009).

Materi III Aplikasi Penulisan Kode HTML

Memilih sebuah aplikasi editor HTML tidaklah terlalu sulit. Aplikasi editor HTML digunakan untuk mempermudah kita membuat kode HTML. HTML sendiri pada dasarnya hanya teks biasa yang ditulis dalam kode-kode khusus. Web browserlah yang akan menerjemahkan kode HTML ini menjadi sebuah tampilan halaman web

Materi IV Komponen dan Struktur Dasar HTML

Setelah berhasil menjalankan file HTML pada web browser, dalam lanjutan materi dalam buku ajar PBL-Web pada chapter HTML ini kita akan membahas komponen HTML seperti Tag, Elemen, dan Attribut pada HTML. Ketiganya merupakan struktur dasar dari HTML, dan dasar dari seluruh halaman web yang ada di internet. 

Materi V Menampilkan halaman teks dan halaman LINK

Pada modul PBL-Web chapter 1 HTML ini kita akan membahas tentang tag paragraf, bagaimana penulisan tag paragraf dan bagaimana cara membuat paragraf di HTML. Untuk memahami cara pembuatan paragraf di dalam HTML, kita akan menggunakan contoh struktur HTML yang dibuat pada materi sebelum ini, dan menambahkan beberapa teks. 

Materi VI Menampilkan Gambar di Halaman HTML dan Membuat Tabel

Sebuah web sangat sering dijumpai sebuah halaman dengan gambar. One picture morethan one thousand word adalah pepatah yang pas untuk sebuah halaman web. Pada materi belajar HTML cara menambahkan gambar di HTML ini kita akan mempelajari cara penggunaan tag image. Tag Image digunakan untuk menampilkan gambar kedalam halaman web, menggunakan . Atribut “src” adalah singkatan dari source, merupakan atribut yang berisi alamat dari gambar yang akan ditampilkan. Alamat ini bisa relatif atau absolute. (perbedaan tentang alamat relatif dan alamat absolute telah kita bahas pada bagian yang lalu. contoh kode HTML tentang image ini, sediakan sebuah gambar yang akan digunakan sebagai tampilan, dan tempatkan gambar tersebut ke dalam satu folder dengan halaman contoh. Gambar dapat berupa JPEG, PNG, maupun GIF.

Materi VII Cara Membuat Form

Secara umum form adalah suatu bagian dalam halaman web yang berfungsi untuk mengizinkan pengunjung mengirim data ke web sever. Form dapat juga diartikan sebagai alat digunakan untuk mendapatkan data dari pengunjung web. Termasuk form untuk login, form kontak, form untuk pendaftaran user, bahkan untuk mengirimkan data antar halaman web. Pada materi belajar HTML: cara membuat form di HTML ini kita akan membahas cara penggunakan tag form di dalam HTML (Andre Pratama, 2015).