MK TAILORING 02 THN AKADEMIK 2020/2021


Peserta: 29 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mata kuliah ini merupakan mata kuliah teori dan praktek yang akan yang  membahas tentang konsep dasar tailoring, ruang lingkup tailoring, teknik pembuatan saku dan belahan serta, membuat jas dan semi jas wanita


Materi Pelajaran


Pertemuan pertama (1) (kontrak perkuliahan)

Pertemuan kali ini membahas tentang deskripsi matakuliah, pokok bahasan, materi pembelajaran, aspek penilaian, sumber belajar dan media yang digunakan dalam perkuliahan Tailoring.

Pertemuan 2. Konsep Dasar Tailoring

Pertemuan kali ini membahas tentang Pengertian Tailoring, Macam-macam jas berdasarkan model, macam-macam bentuk jas, serta hal-hal yang menjadi standar pembuatan jas.

Pertemuan 3. Pola Jas Wanita

Pertemuan kali ini membahas tentang macam-macam bentuk pola jas wanita.

Pertemuan 4. Membuat Fragmen Belahan dan Saku Jas

Pertemuan kali ini membahas tentang Belahan dan Saku pada jas

Pertemuan 5. Membuat Pola Kecil Berdasarkan Model yang Dipilih

Pertemuan kali ini akan membahas tentang model jas yang telah dipilih pada pertemuan 3 sebelumnya. 

Karena pada umumnya model jas yang dipilih sebagian besar hampir sama, jadi silakan diperhatikan dan disimak file buku model jas yang telah dibagikan pada minggu lalu.

Disini terdapat contoh model jas yang tidak ada dalam file buku, silakan kepada mahasiswa yang model jas yg dipiliih tidak ada di buku, bisa lihat model jas berikut. 

Pertemuan 6. Membuat pola besar

Membuat pola besar

Pertemuan ke 7 Membuat Rancangan Bahan dan Harga

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada pertemuan ini kita masuk pada topik  pembuatan rancangan bahan dan harga.

Pertemuan 8. Ujian Tengah Semester

Ujian Tengah Semester dilaksanakan via Quizizz, terdiri dari 20 butir soal Pilihan Ganda.

 

Setelah melaksanakan MID Semester, mahasiswa diwajibkan mengumpul tugas fragmen berupa dokumentasi hasil jadi fragmen belahan dan saku dan dikirimkan dalam bentuk PDF atau Word Document.

Pertemuan 9. Pemeriksaan Pola

Pertemuan kali ini adalah Meletakkan Pola di atas Bahan sekaligus pemeriksaan pola.

Bagi mahasiswa yang berada di luar makassar, teknik saat ini yang dilakukan adalah mengambil dokumentasi foto pola besar yang telah dibuat, sekaligus dengan pemeriksaan pola.
Bagi mahasiswa yang berada di makassar, silakan konsultasikan polanya dengan dosen pengampuh dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan.

Pertermuan 10. Pemeriksaan Pola dan Peletakan Pola

Pertemuan kali ini adalah Meletakkan Pola di atas Bahan sekaligus pemeriksaan pola.

Bagi mahasiswa yang berada di luar makassar, teknik saat ini yang dilakukan adalah mengambil dokumentasi foto pola besar yang telah dibuat dan melaporkan kepada dosen pengampuh via WA Grup, sekaligus dengan pemeriksaan pola.
Bagi mahasiswa yang berada di makassar, silakan konsultasikan polanya dengan dosen pengampuh di kampus dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan.

Pertemuan 11 dan 12. Menjahit Busana Tailoring

Pertemuan kali ini adalah Menjahit Busana Tailoring.

Bagi mahasiswa yang berada di luar makassar, teknik saat ini yang dilakukan adalah mengambil dokumentasi proses menjahit dan melaporkan kepada dosen pengampuh via WA personal atau Grup, sekaligus melaporkan kendala yang dihadapi.
Bagi mahasiswa yang berada di makassar, silakan konsultasikan teknik menjahit dengan dosen pengampuh di kampus dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan.

Pertemuan 12. Menjahit Busana Tailoring

Pertemuan kali ini adalah Menjahit Busana Tailoring.

Bagi mahasiswa yang berada di luar makassar, teknik saat ini yang dilakukan adalah mengambil dokumentasi proses menjahit dan melaporkan kepada dosen pengampuh via WA Personal atau Grup, sekaligus melaporkan kendala yang dihadapi.
Bagi mahasiswa yang berada di makassar, silakan konsultasikan teknik menjahit dengan dosen pengampuh di kampus dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan.