Tailoring 03 2018


Peserta: 17 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat bergabung dalam kelas Daring mata kuliah "Tailoring" dengan kode mata kuliah: 18B61C505

Sebagai bahan informasi awal, bahwa mata kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Makassar. Perkuliahan dilaksanakan hari Kamis, Jam 07.30 -11.50 Wita

Mata kuliah ini berbobot 3 SKS dan akan diampuh oleh Tim Teaching, yaitu Ibu Rosmiaty, S.Pd., M.Pd. dan Ibu Syarifah Suryana, S.Pd., M.Pd.

Karena ini merupakan mata kuliah praktek, nanti akan didiskusikan secara lanjut mengenai pertemuan Praktek tatap muka yang akan kita laksanakan di Laboratorium PKK.

Selamat mempelajari dan tetap semangat mengikuti pembelajaran Daring ini..

Wassalaamu 'alaiikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Materi Pelajaran


Pertemuan 1. Pengenalan Mata Kuliah Tailoring

Mata kuliah ini mempelajari tentang pembuatan busana tailoring mulai menerapkan teknik-teknik tailoring maupun semi tailoring pada blazer dan jas wanita. Mahasiswa belajar tentang konsep dan prinsip dasar tailoring, karakteristik busana dengan teknik tailoring, pola jas dan teknik pembuatan jas wanita.

Pertemuan 2. Bahan, Teknik dan Penyelesaian dalam Tailoring

Pertemuan kali ini membahas tentang :

  1. Model Tailoring
  2. Bahan Pelapis untuk Teknik Tailoring
  3. Fitting
  4. Teknik Pressing
  5. Vuring

Pertemuan 3. Pola Jas Wanita

Pertemuan kali ini membahas tentang macam-macam bentuk pola jas wanita.

Pertemuan 4. Membuat Fragmen Belahan dan Saku Jas

Pertemuan kali ini membuat fragmen Belahan dan Saku pada jas .

Tugas pembuatan belahan, saku paspoile dan saku vest ini dbuat dalam bentuk fragmen dan dikumpul pada saat MID Semester.

Pertemuan 5. Membuat Pola Kecil Berdasarkan Model yang Dipilih

Pertemuan kali ini mahasiswa diminta untuk membuat pola kecil berdasarkan model yang telah dipilih (Model jas dapat dilihat pada materi pertemuan 3). Model yang telah dipilih, dibuatkan pola kecil badan, lengan dan rok.

Pola kecil yang telah selesai tersebut, dibuatkan rancangan bahan dan harganya. Rancangan bahan dan harga yang dibuat, meliputi :

  1. Rancangan bahan dan harga Bahan Utama
  2. Rancangan bahan dan harga Furing
  3. Rancangan bahan dan harga Fliselin

Jangan lupa untuk tugas fragmen macam-macam bagian jas yaitu Belahan belakang, saku vest dan saku paspoal tetap dikerjakan dan diselesaikan secara bertahap sampai batas waktu pengumpulan pada saat MID Semester.

Pertemuan 6 dan 7. Membuat Pola Besar

Pertemuan kali ini membuat pola besar jas berdasarkan model yang telah dipilih.

Jangan lupa untuk menyelesaikan tugas fragmen belahan, saku vest dan saku paspoal yang akan dikumpul pada pertemuan 8 saat Mid Semester

Pertemuan 8. Ujian Tengah Semester

Ujian Tengah Semester dilaksanakan via Quizizz, terdiri dari 20 butir soal Pilihan Ganda.

 

Setelah melaksanakan MID Semester, mahasiswa diwajibkan mengumpul tugas fragmen berupa dokumentasi hasil jadi fragmen belahan dan saku dan dikirimkan dalam bentuk PDF atau Word Document.

Pertemuan 9. Memeriksa Pola

Pertemuan kali ini adalah pemeriksaan pola sekaligus Meletakkan Pola di atas Bahan  .

Bagi mahasiswa yang berada di luar makassar, teknik saat ini yang dilakukan adalah mengambil dokumentasi foto pola besar yang telah dibuat, sekaligus dengan pemeriksaan pola.
Bagi mahasiswa yang berada di makassar, silakan konsultasikan polanya dengan dosen pengampuh dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan.

Pertemuan 10 dan 11. Menjahit Busana Tailoring

Pertemuan kali ini adalah Menjahit Busana Tailoring.

Bagi mahasiswa yang berada di luar makassar, teknik saat ini yang dilakukan adalah mengambil dokumentasi proses menjahit dan melaporkan kepada dosen pengampuh via WA Personal atau Grup, sekaligus melaporkan kendala yang dihadapi.
Bagi mahasiswa yang berada di makassar, silakan konsultasikan teknik menjahit dengan dosen pengampuh di kampus dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan.

Pertemuan 12. Menjahit Busana Tailoring

ertemuan kali ini adalah Menjahit Busana Tailoring.

Bagi mahasiswa yang berada di luar makassar, teknik saat ini yang dilakukan adalah mengambil dokumentasi proses menjahit dan melaporkan kepada dosen pengampuh via WA Personal atau Grup, sekaligus melaporkan kendala yang dihadapi.
Bagi mahasiswa yang berada di makassar, silakan konsultasikan teknik menjahit dengan dosen pengampuh di kampus dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan.