Busana Pengantin 02


Peserta: 26 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mata kuliah ini membahas tentang pengembangan konsep Busana Pengantin dan menerapkannya pada proses pembuatan busana pengantin.


Materi Pelajaran


Pertemuan 1: Pengenalam Mata Kuliah Busana Pengantin

 

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat bergabung dalam kelas Daring mata kuliah Busana Pengantin 02

Sebagai bahan informasi awal, bahwa mata kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Makassar. Perkuliahan dilaksanakan hari Selasa, Jam 07.30 - 10.50 Wita

Mata kuliah ini berbobot 2 SKS dan akan diampuh oleh Tim Teaching, yaitu Dra. Srikandi, M.Pd. dan Rosmiaty, S.Pd., M.Pd.

Karena ini merupakan mata kuliah praktek, nanti akan didiskusikan secara lanjut mengenai pertemuan Praktek tatap muka yang akan kita laksanakan di Laboratorium PKK.

Wassalaamu 'alaiikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertemuan 2: Konsep Busana Pengantin

Busana pengantin adalah busana yang dikenakan pada saat upacara pernikahan. Disain, gaya, warna, garnitur dan bahan yang digunakan bergantung pada agama dan budaya para pengantin tersebut.

Pertemuan 3: Konsep Produksi Busana Pengantin

Sebagai salah satu produk fashion yang menitikberatkan pada detail desain maka produk busana pengantin umumnya tidak dibuat secara massal sehingga baik model maupun jenis kainnya tidak akan ada yang menyamainya. Selain itu proses pembuatannya yang lama juga membutuhkan keahlian khusus dan ketelitian yang tinggi untuk menghasilkan gaun pengantin dengan kualitas tinggi.

Pertemuan 4: Pembuatan Busana Pengantin

Pertemuan ke empat merupakan pertemuan pertama praktek dalam membuat busana pengantin. Mulai dari mencari inspirasi model, membuat sketsa busana dan seterusnya.

Pertemuan 5: Tahap Awal Pembuatan Busana Pengantin

Tahap awal pembuatan busana pengantin adalah:

1. Menetapkan disain atau model busana yang akan kita buat

2. Mengambil ukuran atau menetapkan ukuran yang akan digunakan.

3. Membuat pola dan pecahpolanya (buku pola).

4. Membuat rancangan bahan dan harga.

Pertemuan 6: Pembuatan Pola

Setelah membuat rancangan bahan dan harga, dilanjutkan dengan pembuatan pola (Rancangan yang di ACC) Silakan bekerja sama dengan baik sesama anggota kelompok, karena keberhasilan produknya tergantung dari keterampilan dan kerjasama tim.

Selamat Bekerja...

Pertemuan 7: Membuat Pola Besar serta Menyiapkan Alat dan Bahan Praktek

Pertemuan ke-7 adalah membuat pola besar serta menyiapkan alat dan bahan untuk praktek. Aktifkan komunikasi dalam kelompok maupun antar kelompok untuk memudahkan motivasi dan pencarian bahan praktek.

Selamat belajar dan bekerja dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Semoga hasilnya sesuai dengan harapan.

Pertemuan 8: Tugas UTS

Tugas sebagai Ujian Tengah Semester

Pertemuan 9: Menggunting dan Memberi Tanda Pola

Assalamualaikum.. Semoga semua aktifitas berjalan lancar. Untuk pertemuan ke-sembilan adalah menggunting bahan dan memberi tanda-tanda pola. Jika ada yang masih ragu maka bisa ke kampus untuk konsultasi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Buat janji untuk jadwal pertemuan agar tidak bersamaan datang semua kelompok. Selamat belajar dan bekerja, ingat untuk mendokumentasikan setiap langkah kerjanya.

Pertemuan 10: Menjahit Bahan Utama

Pertemuan kali ini adalah merekatkan vliselin(bahan antara) dan menjahit bahan utama sambil menyeterika jahitan setiap selesai menjahit agar jahitan tersebut mampat dan rapi.

Pertemuan 11-12: Menjahit Bahan Utama (Lanjutan)

Setelah mengepress dan menjahit bahan utama, dilakukan pengepasan yang bisa dilakukan pada paspop. Setelah itu lanjutkan dengan perbaikan atau persiapan maping. 

Pertemuan 13-14: Pemasangan Garnitur Busana

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Bagaimana kabar hari ini? Semoga sehat dan pembelajarannya berjalan lancar.

Untuk pertemuan kali ini, setelah melakukan pengepasan dan perbaikan, dilanjutkan dengan maping dan pasang garnitur. Semoga hasil prakteknya rapi, bagus dan cantik sesuai  harapan, semangat ya.. 

Pertemuan 15: Ujian Akhir Semester

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Bagaimana kabar hari ini? Semoga sehat dan masih semangat menuntaskan pembelajaran semester ganjil ini.

Hari ini adalah hari penginputan tugas untuk ujian akhir semester. Selamat dan tetaplah semangat.