Jaringan Komputer PTIK E 2019


Peserta: 28 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mata kuliah jaringan komputer ini merupakan mata kuliah wajib yang berjalan di semester ganjil. Pada matakuliah ini anda akan belajar tentang dasar-dasar jaringan komputer. Beberapa sesi/pertemuan akan berjalan penuh daring (dalam jaringan). Semua aktifitas pembelajaran selama satu semeser membutuhkan akses internet dengan ada 2 jenis pertemuan yaitu langsung dan tidak langsung dalam setiap pertemuan. Pastikan anda juga sudah memperbaharui profil anda dengan memberikan foto jelas dan nama jelas anda agar mudah dalam proses identifikasi mahasiswa.


Materi Pelajaran


PENDAHULUAN

 

Sesi ini merupakan sesi atau pertemuan pengantar mata kuliah yang berisi Kontrak Kuliah selama satu semeter, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dan bantuan teknis. Selain itu kita juga akan bertemu di live meeting penyamaan presepsi sesuai jadwal pertemuan yang telah diatur.

PERTEMUAN 1: Sejarah Jaringan Komputer

Pastikan anda telah masuk dan mengikuti semua aktifitas ke pertemuan Pendahuluan di atas sebelum masuk ke Pertemuan 1 ini.

Pada pertemuan pertama ini kita akan membahas tentang sejarah jaringan komputer, dalam pertemuan ini ada beberapa aktifitas yang akan kita lakukan, bahan bacaan, forum diskusi, live meeting, dan tugas. 

Pastikan anda mengikuti semua aktifitas tersebut dan aktifitas live meeting untuk pertemuan pertama penyamaan presepsi wajib hadir. untuk aktifitas lain bisa tidak langsung sesui dengan deskripsi atau penjelasan disetiap kegiatan.

PERTEMUAN 2: Perangkat Keras Jaringan Komputer

Pada sesi/pertemuan kali ini kita akan membahas tentang perangkat keras komputer beberapa indikator pembelajaran yang harus di capai adalah Dapat menjelaskan server. Dapat menjelaskan workstation. Dapat menjelaskan NIC, Dapat menjelaskan HUB, Dapat menjelaskan kabeldan Konector, Dapat menjelaskan Repearter, Dapat menjelaskan Bridge, dan Dapat menjelaskan Router.

PERTEMUAN 3: Topologi Jaringan Komputer

Pada pertemuan kali ini kita akan melakukan kuliah tentang Topilogi jaringan komputer. Ada beberapa aktifitas dalam kegiata ini, sebelum anda masuk ke kegiatan topologi jaringan ada kuis yang anda harus selesaikan tentang perangkat keras komputer. Pastikan ada mengikuti semua kegiatan di pertemuan kali ini dan pastikan anda mengumpulkan tugas tepat waktu karena tidak ada tempat lain untuk mengumpulkan tugas selain dikelas ini dan tidak ada toleransi bagi yang terlambat.

PERTEMUAN 4: Protokol Jaringan

Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari tentang protokol jaringan.Tetapi sebelum itu pastikan anda sudah mengerjakan tugas di pertemuan sebelumnya. dan sebelum anda memulai masuk ke bahan bacaan dan kegiatan di pertemuan 4 ini anda harus menyelesaikan dulu Kuis 2 Perangkat Keras Komputer dan Kuis 3 Topologi Jaringan Komputer.

Seperti pada pertemuan sebelumnya kegiatan yang ada pada pertemuan ini wajib anda kerjakan dan akses karena bagian dari penilaian.

PERTEMUAN 5: Instalasi Perangkat Keras

Pada ksempatan kali ini kita akan belajar tentang instalasi perangkat keras jaringan komputer, dainataranya mampu membuat kabel jaringan UTP, membuat koneksi jaringan LAN dengan berbagai perangkat keras komputer, mampu membuat instalasi wireless.

Pada kegiatan ini anda akan melakukan aktifitas membaca bahan bacaan, menonton vdeo tutorial cara instalasi kabel UTP, menonton video menggunakan Cosco Packet Tracer, membuat kabel UTP secara langsung dan memvideokan, tuga membuat jaringan komputer LAN secara virtual dengan Cisco Packet Tracer, Membuat sambungan jaringan wireless dengan cisco Packet Tracer.

PERTEMUAN 6: Local Area Network

Pada kesmepatan kali ini kita akan belajar koneksi jaringan Peer-to-Peer atau keneksi anatar 2 komputer dan koneksi Workgroup atau Client-Server. Pada pertemuan kali ni sebelum anda membaca bahan bacaan ada forum diskusi untuk brainstorming anda tentang pengetahuai kokensi peer-to-peer dan Client-Server. 

Ujian Tengah Semester

Pada pekan ini anda akan mempersiapkan untuk mengikuti Ujian Tengeh Semester (UTS). ada 6 pertemuan yang sudah anda lalui dengan berbagai tugas, kali ini anda akan UTS dalam bentuk studi kasus secara berkelompok. 

Pertemuan 7: Diskusi Koneksi Jaringan LAN

Pada kesmepatan ini kita akan berdisksi dari hasil kerja kelompok masing-masing kelompok. Ada beberapa kelompok yang sudah membuat video presentasi. Kita akan berdiskusi dan pastikan adik-adik mahasiswa semua aktif dalam proses diskusi, bertanya dan menanggapi dalam koridor sopan dan santun serta sesui dengan tema.

Pertemuan 8: Jaringan Berbasis Luas (WAN)

Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang jaringan berbasis luas atau WAN. Beberapa pekan kita tidak ketemu untuk kuliah, pekan ini akan ada beberapa tugas untuk mengganti pertemuan beberapa pekan kemarin. Fokus pertemuan kita kali ini adalah WAN, konsep, perkembangan sampai pada kelebihan dan kekurangan.

Ujian Akhir Semester

Pada kesempatan ini akhirnya kita melakukan ujian akhir walau peremuan full daring di semester ini kurang maksimal. Tentu saya pahami anda tidak penuh mendapatkan pemahaman penuh dari dosen pengampuh, saya harapkan anda  bisa menggali informasi dari berbagai sumber untuk materi jaringan komputer. Pada ujian akhir smesetr ini bentuknya portofolio apa yang anda pahami dalam semseter ini.