Struktur Data


Peserta: 28 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mata kuliah Struktur Data adalah mata kuliah yang mempelajari hal mengenai konsep, teknik dan manipulasi pengorganisasian sebuah data yang diterapkan ke dalam sebuah bahasa pemrograman.


Materi Pelajaran


Pertemuan 1

Kontrak Perkuliahan

Pertemuan 2

Assalamualaikum wr wb...

Pada pertemuan ini kita akan membahasa mengenai apa, mengapa menggunakan struktur data dan menggunakan Array.

Karena kita sudah mempelajari array pada semester lalu, maka pada pertemuan ini, kita langsung menerapkan array. Jika masing bingung dan lupa dengan konsep array silahkan membaca kembali materi yang lalu yang saya sertakan pada sesi ini.

Untuk mengerjakan latihan 2 kalian perlu  aplikasi DEV C++ yang telah kita gunakan pada semester lalu

Pertemuan 3

Pada sesi ini, kita akan lanjut bahas mengenai array dan tipe data bentukan

Pertemuan 4

Sesi ini kita akan bahas lebih lanjut mengenai tipe data bentukan 

Pertemuan 5

String

Pertemuan 6

Searching data

Pertemuan 7

Diskusi sebelum UTS

Pertemuan 8

Pada pertemuan ke 8, saya akan meresume kembali materi pertemuan pertama sampai pertemuan tujuh. Pertemuan ke-8 ini kita lakukan secara sinkronous menggunakan google meet. Link-nya akan diberikan via grup WA.

Pertemuan 9

Materi pertemuan 9 adalah SORTING (pengurutan). Silahkan disimak materi sorting ini dan silahkan kerjakan tugas-tugas yang diberikan. Sorting pada materi ini menggunakan struktur data Array untuk penyelesaiannya.

Pertemuan 10

Materi kali ini kita akan mempelajari bagaimana membuat "Stack" dan "Queue" dengan menggunakan struktur data Array.

Apa itu Stack (Tumpukan)? Suatu susunan koleksi data dimana data  dapat ditambahkan dan dihapus selalu dilakukan pada bagian akhir data, yang disebut dengan top of stack. Stack bersifat LIFO (Last In First Out). “Benda yang terakhir masuk ke dalam stack akan menjadi yang pertama keluar dari stack.

Bagaimana dengan Queue (antrian)? Queue ini bersifat FIFO (First In First Out), dimana elemen yang pertama masuk ke antrian akan keluar pertama kalinya. DEQUEUE adalah mengeluarkan satu elemen dari suatu Antrian. Antrian ini dapat dibuat dengan menggunakan: Liniear Array dan Circular Array.

Berikut penjelasan materi ini secara detail...

Pertemuan 11

Kali ini kita akan mempelajari mengenai Pointer dan Function

 

Pointer adalah suatu variabel penunjuk, berisi nilai yang menunjuk alamat suatu lokasi memori tertentu. Jadi pointer tidak berisi nilai data, melainkan berisi suatu alamat memori atau null jika tidak berisi data. Pointer yang tidak diinisialisasi disebut dangling pointer. Lokasi memori tersebut bisa diwakili sebuah variabel atau dapat juga berupa nilai alamat memori secara langsung.

Pertemuan 12

Linked List adalah salah satu bentuk struktur data, berisi kumpulan data (node) yang tersusun secara sekuensial, saling sambung-menyambung, dinamis dan terbatas. Linked List sering disebut juga Senarai Berantai. Linked List saling terhubung dengan bantuan variabel pointer. Masing-masing data dalam Linked List disebut dengan node (simpul) yang menempati alokasi memori secara dinamis dan biasanya berupa struct yang terdiri dari beberapa field.

Pertemuan 13

Materi kali adalah Double Linked List (DLL). DLL terdiri atas dua jenis yaitu Double Linked List Non Circular (DLLNC) dan Double Linked List Circular (DLLC).

Untuk mengetahui lebih jauh silahkan dibaca materi - materi berikut ini... 

Pertemuan 14

Materi kali adalah materi Tree (Pohon) dan Graf. Untuk memahami lebih jauh mengenai tree dan graf ini, silahkan dibaca dengan saksama materi berikut ini...

Pertemuan 15

Review Materi. Pada pertemuan terakhir ini, kita akan melakukan review terhadap materi dengan bentuk Diskusi. Silahkan memberikan tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan sebelum kita melaksanakan Final Test pada tanggal 02 Desember 2020.

Final Test

Final test akan dilaksanakan menggunakan aplikasi quizizz, link quizizz akan saya share setengah jam sebelum Final test dimulai.

Final Test terdiri dari 30 butir soal dengan waktu pengerjaan 30 detik setiap nomor.

Link Final Test :

https://quizizz.com/join?gc=624851 atau Gunakan  game code: 624851 jika anda menggunakan aplikasi pada smartphone untuk join ke Final test.

Harap menggunakan Nama Lengkap atau NIM sebagai username untuk memudahkan dalam rekapitulasi nilai nantinya.