Alat dan Mesin Pertanian - Kelas B


Peserta: 38 Orang  Pendaftaran: Ditutup 


Mata kuliah Alat dan Mesin Pertanian mempelajari alat dan mesin yang digunakan dalam kegiatan pra panen hingga panen. Mata kuliah ini berisi penjelasan-penjelasan tentang ruang lingkup mesin dan peralatan, perkembangan mekanisasi pertanian, traktor pertanian, tenaga dan efisiensi, alat dan mesin pengolahan lahan, alat dan mesin irigasi, alat dan mesin penanaman, alat dan mesin perawatan tanaman, alat dan mesin pengangkutan, alat dan mesin pemanenan, serta alat dan mesin pasca panen. 


Materi Pelajaran


Pendahuluan

Ini adalah pertemuan ke-1 Mata Kuliah Alat dan Mesin Pertanian. Pada sesi ini akan dibahas mengenai ruang lingkup mata kuliah serta latar belakang urgensi penggunaan alat dan mesin pertanian.

Dikarenakan keterbatasan besaran file yang bisa diupload pada Kelase, maka PPTShow tidak bisa saya upload disini. Untuk mengakses PPTShow secara utuh, maka kalian dapat mendownloadnya di Google Drive berikut ini: https://drive.google.com/file/d/1cHEEBinvioeZw0xuTte8oF5Bf7g9dLV3/view?usp=sharing

Traktor Pertanian - Hand Tractor

Pada sesi ini akan diisi dengan diskusi dan tanya jawab mengenai tugas yang telah diberikan minggu lalu. 

Irigasi Pertanian

Pada pertemuan ke-6 kali ini kita akan belajar mengenai irigasi pertanian. Irigasi dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan budidaya tanaman. Pada teknik irigasi jenis tertentu digunakan peralatan-peralatan untuk menunjang operasional pengairan tersebut. Untuk lebih lanjut, mari kita simak materi dan video-video mengenai irigasi pertanian berikut ini.