Probabilita dan Statistika


Peserta: 37 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Kelas ini merupakan kelas MK Probabilita dan Statistika pada prodi Teknik Komputer FT UNM. Perkuliahan pada MK ini berisi kaidah pencacahan, peluang, distribusi peluang, dan konsep lain yang berkaitan.


Materi Pelajaran


Pertemuan 12 - Distribusi Gamma dan Distribusi Normal

Pada pertemuan ke-12 ini, mahasiswa akan mempelajari tentang 2 distribusi kontinu yang banyak digunakan. Untuk mempelajari tentang distribusi ini, berikut adalah tautan dari modul yang digunakan:

https://tinyurl.com/pert12prob

Silahkan dibaca modulnya. Setelah itu nanti akan ada kuis yang berhubungan dengan materi ini.

Proses Stokastik

Pada pertemuan ke-13 ini, akan dibahas mengenai proses stokastik. Pengembangan dari peubah acak yang telah dibahas sebelumnya. Proses stokastik ini memiliki banyak aplikasi. Sehingga penguasaan terhadap proses ini akan memudahkan anda untuk menggunakan model-model statistika dalam pemrograman. Untuk memahami tentang proses stokastik, berikut adalah bahan bacaan mengenai proses stokastik.

https://drive.google.com/file/d/1ZGval_ojA5p1AfjdiI6jhGxx0uxSMGeE/view?usp=sharing

Proses Stokastik(2)

Pada pertemuan ke-14 ini, akan dibahas lanjutan dari proses stokastik yang telah dipelajari sebelumnya. Sub topik pada pertemuan ini adalah matriks transisi dan distribusi peluang steady state. Materi ini berhubungan dengan graf berarah yang telah dipelajari pada MK matematika distrit semester lalu. Untuk memahami materi matriks transisi dan peluang steady state, silahkan baca modul di link berikut:

https://drive.google.com/file/d/1jM8ZmZ0lSlJSNf49sH5kMIFiPoG9sXfI/view?usp=sharing

Setelah mempelajari modul di atas, kerjakan tugas analisis data covid yang ada pada sesi ini.

Proses Berhitung

Pada pertemuan ini, akan dibahas proses berhitung. Yang merupakan kelanjutan dari proses stokastik. Untuk memahami proses berhitung ini, bacalah modul pada link berikut:

https://drive.google.com/file/d/1guU85S8yYlY5L7NyniYOzXkwqWOXj6FI/view?usp=sharing

Selamat belajar! Jangan lupa kerjakan tugas pada pertemuan ini.