PRAKTEK UJI BAHAN (PRAKTIKUM MATERIAL BETON)


Peserta: 19 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Perkuliahan Praktek Uji Bahan ini berisi ulasan teori tentang karakteristik dan syarat kelayakan material-material penyusun beton sebagai bahan konstruksi bangunan, cara pelaksanaan praktikum pengujian bahan-bahan penyusun beton, perhitungan desain campuran beton, praktek pembuatan campuran dan pengujian-pengujian pada campuran beton segar maupun pada beton yang sudah mengeras pada umur tertentu. Pelaksanan perkuliahan ini sebagian besar berupa praktikum di laboratorium. Materi yang sifatnya teoritis maupun prosedur pelakasanaan praktikum disampaikan setiap di awal pertemuan. Untuk memudahkan dalam pelaksanaan perkuliahan maka mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melaksanakan job-job praktikum secara bergiliran. Output dari perkuliahan ini adalah mahasiswa dapat membuat laporan prakikum sehingga memiliki kompetensi yang dapat memahami pengujian karakteristik material-material penyusun beton, mampu mendesain campuran beton  dan mampu melakukan pembuatan, pengujian dan evaluasi karakteristik beton sebagai material konstruksi bangunan.

Bahan Kuliah Praktek uji Bahan Untuk Mahasiswa.rar

CONTOH JMD DAN PENGUJIAN.rar

ServiceLogin

ServiceLogin


Materi Pelajaran


Pengujian karakteristik material

Dalam pelaksanaan pengujian material agregat dan semen yang telah dilaksanakan di laboratorium sebelumnya tentu banyak hal yang mungkin masih perlu didiskusikan. Sebagai bahan diskusinya saya memberikan beberapa pertanyaan dan dari pertanyaaan-pertanyaan kita jadikan sebagai bahan pengembangan diskusi yang saling berinteraksi satu sama lain.

  1. Jelaskan apa tujuan utama pengujian agregat dan semen dalam mengawali pembuatan campuran Beton
  2. Jelaskan perbedaan pengujian untuk memperoleh data karakteristik  dengan pengujian untuk mengetahui syarat kelayakan pada agregat dan semen serta sebutkan pengujian-pengujian apa saja yang termasuk dalam kategori tersebut
  3. Jelaskan batasan ukuran butiran agregat halus dan kasar dan kenapa ini menjadi penting untuk dibedakan dalam pengujian?
  4. Jelaskan persamaan dan perbedaan fungsi agregat halus dan kasar di dalam campuran beton.
  5. Apa perbedaan Massa Jenis dan Berat jenis material dan pengujian apa pada agregat dan semen yang disebut sebagai Massa Jenis dan Berat jenis?
  6. Dalam pengujian Spesifik grafity agregat, apa yang dimaksud  Apparent Spesific Grafity, Bulk Spesific Grafity on Dry Basic dan Bulk Spesific Grafity SSD Basic.
  7. Bagaimana cara memperoleh kondisi SSD dalam agregat dan agregat jenis apa saja yang mesti diupayakan kondisi SSDnya sebagai karakteristik dalam pengujian spesific grafity?
  8. Apa perbedaan kadar organik dan kadar lumpur, bagaimana syarat kelayakan kedua karakteristik ini serta apa pengaruhnya pada beton jika berlebih?
  9. Apa tujuan pengujian analisa saringan dan jelaskan apa yang dimaksud agregat bergradasi menerus, bergradasi senjang dan agregat bergradasi seragam dalam analisa saringan pasir dan kerikul
  10. Sebutkan syarat-syarat kehalusan dan waktu ikat semen dan jelaskan seberapa penting kedua syarat tersebut dalam aplikasinya untuk pembuatan campuran beton

Setiap peserta wajib memberikan ulasan, sanggahan atau melengkapi jawaban di tiap nomor dengan uraiannya sendiri tanpa copy paste jawaban temannya pada Forum 1-10. Keaktifan berdiskusi di tiap Forum menjadi bahan penilaian dosen. Diskusi dimulai pada Hari Rabu 22/04/2020 jam 8.00 sampai jam 20.00. Hasil diskusi kemudian dirangkum menurut hasil kajian dan pendalaman materi masing-masing peserta dalam bentuk soal dan jawaban pada Microsof Word dan diupload dalam bentuk.pdf sebagai tugas perorangan yang dilengkapi dengan Nama, NIM, foto dan nomor hp peserta pada sampul. Tugas ini dimasukkan pada Pustaka Pribadi masing-masing peserta dan dikirim ke email: moh.junaedy.rahman@unm.ac.id  paling lambat pada Hari Kamis 23/04/2020 jam 16.00

Mix Design Beton

Pada pertemuan secara tatap muka di laboratorium kita telah membahas tentang cara mix design campuran beton dan dilanjutkan dengan membuat trial mix di laboratorium. Pada kuliah ini saya telah mengupload file excel (CONTOH JMD DAN PENGUJIAN.rar) untuk mentabulasi hasil pemeriksaan agregat dan meringkas pembuatan mix design beton.

Pada sesi ini saudara diminta untuk bekerjasama secara berkelompok sesuai kelompok yang telah dibuat dalam pertemuan praktikum sebelum social distancing diberlakukan dengan.membuat laporan semua job praktikum dan melengkapi tabel-tabel pemeriksaan sesuai data yang telah saudara kumpulkan dalam pemeriksaan dan menampilkan langkah kerja setiap job pemeriksaansampai pada pelaksanaan trial mix yang telah dibuat. Laporan tiap job dibuat secara singkat dan jelas secara berkelompok, tanpa perlu membubuhi teori-teori di dalamnya.

Sebagai contoh uraian secara sistematis

Job 1 Pemeriksaan Kehalusan Semen

  1. Alat dan bahan serta perosedur pengujian
  2. Tabel hasil pengujian
  3. Grafik hasil pengujian
  4. Foto Alat
  5. Foto pelaksanaan
  6. Kesimpulan dan saran

Job 2 Konsistensi Normal dan Waktu ikat

Job 3 ........

dan seterusnya sampai pada job pembuatan campuran, pengujian slump dan faktor kepadatan.

Di antara tiap kelompok boleh saling share dan berbagi prosedur percobaan serta foto kegiatan yang sudah selesai dan fix. Yang tidak boleh dilakukan adalah berbagi data hasil pengujian karena semua kelompok dianggap telah melaksanakan pengujiannya masing-masing. Semua job pengujian yang telah dibuat harus dirampungkan paling lambat 30 Mei 2020 dalam bentuk file PDF yang berisi semua job pemeriksaan yang telah dibuat oleh tiap kelompok.