STRUKTUR BETON LANJUT


Peserta: 31 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Mata kuliah struktur beton lanjut ini berisi materi tentang pengenalan konsep dasar sampai pada analisis dan desain strutur beton pratekan sesuai kaidah-kaidah mekanika teknik dan peraturan-praturan yang terbaru. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman mengenai sistem pratekan pada konstruksi dan memberikan bekal kemampuan dalan menganalisis dan mendesain elemen struktur beton sederhana. Pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh mahasiswa Teknik Sipl dalam mengikutu perkuliahan ini adalah pengetahuan Statika dan Mekanika Bahan, Analisa Struktur, Struktur Beton Dasar dan pengetahuan tentang perilaku material beton dan baja mutu tinggi.

Materi perkuliahan

Materi 01.pdf  Materi 02.pdf  Materi 03.pdf  Materi 04.pdf  Materi 05.pdf  Materi 06.pdf  Materi 07.pdf

Video Sistem Prategang

watch  watch


Materi Pelajaran


Review Tugas 1 Perencanaan Balok Pratekan

Pada pertemuan via Zoom Tanggal 4 April 2020 sebelumnya kita telah membahas tentang perencanaan balok pratekan yang meliputi perencanaan kabel strand, perencanaan terhadap kekuatan geser dan kestabilannya terhadap syarat lendutan. Dalam pertemuan tersebut saya telah memberikan contoh soal dan tugas 1 perencananan balok pratekan bentuk persegi empat bertumpuan sederhana (sendi-rol). Saya mengucapkan terima kasih atas atensinya dalam pengerjaan Tugas 1 yang telah terkirim ke email saya. Untuk Tugas 1 ini saya mengharapkan saudara-saudara sekalian untuk memasukkannya di dalam Pustaka akun kelase-nya masing-masing.

Dalam sesi ini mohon kembali lihat Materi 4 yang telah diposting sebelumnya dan tugas yang saudara telah kerjakan (dalam pdf) saya meminta saudara semua aktif memberikan pertanyaan jawaban dan/atau komentar tambahan tentang hal-hal yang belum di mengerti pada Tugas 1 tersebut.

Sebagai bahan referensi tambahan di sini saudara dapat melihat Standar Nasional Indonesia (SNI 2847 2002 Bab 10, 13 dan 20 dan SNI 2847 2013 Bab 8, 11 dan 18) mengenai batasan-batasan kriteria desain,kriteria geser dan masalah pratekan

SK_SNI_03_2847_2002 ( TATA CARA PERHITUNGAN STRUKTUR BETON UNTUK BANGUNAN GEDUNG ).pdf

SNI 2847_2013 Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung.pdf

 

Diskusinya dibentuk dalam tiga forum sebagai berikut:

  1. Forum Strand
  2. Forum Geser
  3. Forum Lendutan

Keatifan saudara dalam diskusi menjadi bahan penilaian saya, jadi semua peserta harus memberikan postingan hal-hal yang menjadi topik pembahasan. Diskusi tidak dibatasi jangka waktunya namun penilaian dalam diskusi akan dilakukan mulai Tanggal 22/04/2020 pukul 15.00 s/d 21.00. Selamat berdiskusi