Perkembangan Peserta Didik PBSD B 2017


Peserta: 35 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Perkembangan adalah suatu perubahan yang terjadi pada setiap individu yang berawal pada masa konsepsi baik dalam struktur maupun fungsi (fisik maupun spikis) yang terjadi secara teratur dan terorganisasi dan berlangsung sepanjang hayat. Perkembangan peserta didik merupakan suatu komponen penting yang harus diketahui seorang guru. Pemahaman guru yang benar terhadap perkembangan peserta didik akan menuntun guru membuat disain pembelajaran yang cocok untuk peserta didik. Desain pembelajaran yang cocok dengan perkembangan peserta didik akan menghasilkan pembelajaran yang maksimal. Pembelajaran yang tidak memperhatikan perkembangan peserta akan membuat peserta bosan atau frustrasi. Jika peserta didik bosan dan frustrasi, para guru juga akan tertular rasa bosan dan frustrasi ketika mengajar. Dasar pikir ini yang menjadikan pengetahuan tentang perkembangan peserta didik merupakan salah satu komponen dari kompetensi pedagogik seorang guru. Mengingat hal di atas maka mata kuliah perkembangan peserta didik menjadi salah satu mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa sehingga mereka mampu memiliki pengetahuan tentang perkembangan peserta didik.


Materi Pelajaran


Pertemuan Ke-12 21/04/2020

Menjadi seorang remaja dalam masa pencarian jati diri tetap harus memahami konsep ranah afektif yang akan mempengaruhi kehidupannya, baik sekarang maupun yang akan datang. Sehingga harapannya akan kehidupan yang lebih baik dan menjadi seorang yang peka terhadap sosial dapat terwujud.

Pertemuan Ke-13 28/04/2020 KEBUTUHAN REMAJA DAN PERKEMBANGANNYA

Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan menuju ke jenjang dewasa, kebutuhan hidup seseorang mengalami perubahan-perubahan sejalan dengan tingkat pertumbuhan hidup seseorang mengalami perubahan-perubahan sejalan dengan tingkat pertumbuhan dan perkembanganya. Kebutuhan sosial psikologis semakin banyak dibandingkan dengan kebutuhan fisik, karena pengalaman kehidupan sosialnya semakin luas. Kebutuhan itu timbul disebabkan oleh dorongan-dorongan (motif). Permasalahan ini akan kita bahas tuntas pada BAB ini yakni kebutuhan remaja dan perkembangannya.

Pertemuan Ke-14 05/05/2020 KONSEP, PROSES, DAN PERMASALAHAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA

Hasil pendidikan individu terletak pada sejauh mana yang dipelajari dapat membantunya dalam menyesuaikan diri dengan kebutuhan-kebutuhan hidupnya dan pada tuntutan masyarakat, karena seseorang tidak dilahirkan dalam keadaan telah mampu menyesuaikan diri atau tidak mampu menyesuaikan diri. Kondisi fisik, mental, dan emosional dipengaruhi dan diarahkan oleh faktor-faktor lingkungan di mana kemungkinan akan berkembang proses penyesuaian yang baik atau yang salah.

Pertemuan Ke-15 12/05/2020 IMPLIKASI PROSES PENYESUAIAN REMAJA TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

Penyesuaian diri remaja dipengaruhi oleh keadaan dimana lingkungan yang mengancam atau membahayakan keberadaan atau kesejahteraan atau kenyamanan diri seseorang. Penyesuaian diri yang baik dilihat dari bagaimana keadaan keluarga, pergaulan dan bagaimana pembelajaran di sekolah. Pendidik berperan penting dalam implikasi proses penyesuaian remaja terhadap penyelenggaraan pendidikan.

UJIAN AKHIR SEMESTER Selasa, 02 Juni 2020

Ujian akhir semester pada mata kuliah Perkembangan Peserta Didik dilaksanakan dengan tujuan mendorong aktivitas belajar yang bermakna. Ujian ini dirancang untuk mengukur ketuntasan capaian pembelajaran mahasiswa secara menyeluruh terhadap sub-sub BAB yang telah dibahas.