Keterampilan Menyimak PBSI B 2019


Peserta: 39 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Keterampilan menyimak adalah salah satu dari empat aspek keterampilan berbahasa. Kemampuan yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh setiap manusia. Keterampilan ini diberikan oleh Allah Swt., sebagai kemampuan alamiah seseorang yang normal dan kemudian berkembang sesuai dengan pertumbuhan fisiknya. Dengan adanya kemampuan ini, seorang manusia dapat mengetahui dan memahami informasi baik itu berupa percakapan, opini, fakta, atau pengetahuan yang disampaikan melalui orang, media, atau tulisan. Peranan keterampilan menyimak dalam upaya seseorang memperoleh pengetahuan sangatlah besar. Hampir sebagian besar ilmu pengetahuan yang diperoleh oleh manusa adalah menggunakan keterampilan menyimak ini, maka dari itu melatih keterampilan menyimak akan memberikan dampak yang positif dimasa yang akan datang. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep keterampilan menyimak sehingga pengetahuan dan pengalaman menyimak mereka selama ini menjadi lebih bermakna.


Materi Pelajaran


Pertemuan Ke-12 20/04/2020 MENINGKATKAN DAYA SIMAK

Menyimak sangat fungsional dalam kehidupan manusia. Melalui menyimak seseorang memperoleh kemungkinan besar dalam mendapatkan infomasi. Para ahli berpendapat bahwa sebagian besar dari pengetahuan seseorang dan nilai-nilai yang diyakininya diperoleh melalui kegiatan menyimak. Karena itu sangatlah beralasan bila setiap orang dituntut untuk terampil dalam hal menyimak.

Peningkatan daya simak siswa merupakan salah satu tugas guru bahasa. Guru bahasa yang telah berpengalaman dan kreatif pastilah tidak mengalami kesukaran dalam memilih cara yang tepat untuk memenuhi tugas tersebut.

Pertemuan Ke-13 28/04/2020 BAHAN PEMBELAJARAN MENYIMAK

Pengajaran menyimak sangat bergantung pada inisiatif guru. Guru yang menyadari betapa fungsionalnya keterampilan menyimak dalan kehidupan manusia mungkin guru tersebut mengupayakan pembelajaran menyimak dalam bentuk implisit. Guru yang tidak menyadari pentingnya keterampilan itu pasti tidak pernah memikirkan pembelajaran menyimak.

Pengajaran menyimak dapat dilakukan di sekolah dikatkan dengan pengajaran membaca, kosakata, struktur, menulis pragmatik atau apresiasi. Sebenarnya dilaksanakan pengajaran menyimak yang dikaitkan dengan pokok bahasan yang ada akan memberikan beberapa keuntungan. Pemanfaatan bahan lebih intensif, pemahaman bahan pengajaran lebih mendalam, keterampilan menyimak siswa semakin berkembang.

Pertemuan Ke-14 05/05/2020 METODE PEMBELAJARAN MENYIMAK

Cara penyampaian materi disebut dengan istilah metode pengajaran menyimak. Keterampilan menyampaikan bahan itu akan tercapai apabila guru telah mengenal, mengetahui, dan dapat menerapkan berbagai metode pembelajaran.

Salah seorang pakar di bidang pengajaran bahasa, yakni Macky, mengatakan tidak ada metode yang baik ataupun jelek. Metode pembelajaran khususnya metode pembelajaran menyimak akan baik bila digunakan secara tepat. Sebaliknya, metode akan menjadi jelek ketika digunakan secara tidak tepat.   

Pertemuan Ke-15 12/05/2020 PENILAIAN DAN UMPAN BALIK

Tahap terakhir dari proses pembelajaran adalah penilaian. Penilaian dalam proses pembelajaran biasanya ditujukan kepada dua hal yakni: 

1. Penilaian program pembelajaran

2. Penilaian hasil belajar

Penilaian terhadap program pembelajaran mencakup penilaian terhadap segi perencanaan, pelaksanaan dan penilaiannya. Karena, perencanaan pelaksanaan dan program pembelajaran itu disusun oleh guru maka pada hakikatnya penilaian program ini berarti penilaian terhadap guru itu sendiri.

UJIAN AKHIR SEMESTER Rabu, 03 Juni 2020

Ujian akhir semester pada mata kuliah Keterampilan Menyimak dilaksanakan dengan tujuan mendorong aktivitas belajar yang bermakna. Ujian ini dirancang untuk mengukur ketuntasan capaian pembelajaran mahasiswa secara menyeluruh terhadap sub-sub BAB yang telah dibahas.