PTA Manajemen Jaringan Komputer


Peserta: 17 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar memiliki beberapa bidang keahlian, salah satunya yaitu keahlian di bidang komputer. Penguasaan keahlian dibidang komputer, mahasiswa harus menguasai mata kuliah tentang komputer, salah satunya yaitu mata kuliah Manajemen Jaringan Komputer.


PTA

Materi Pelajaran


MATERI 1 ( DEFINISI DAN MANFAAT MANAJEMEN JARINGAN KOMPUTER )

Kalian mungkin sering dengar istilah jaringan komputer! Apa yang dimaksud dengan jaringan komputer? Agar lebih memahaminya, pada materi ini kita akan membahas tentang definisi dan manfaat manajemen jaringan komputer, dimana diharapkan setelah mempelajari materi ini, kita dapat memahami sejarah, definisi, fungsi manajemen jaringan komputer, memahami dan mampu menjelaskan arsitektur manajemen jaringan komputer dan juga mampu menjelaskan hingga menggunakan beberapa contoh dari simulator jaringan komputer.

 

MATERI 2 ( VARIABLE LENGHT SUBNET MASK )

Pada materi ini membahas tentang Variable Lenght Subnet Mask dan Topologi Jaringan. Untuk mengetehui lebih dalam lagi, pada materi kali ini akan dijelaskan tentang VLSM dan Topologi Jaringan, dimana setelah itu tentunya kita dihapkan mengetahui dan memahami konsep dari VLSM dan Topologi Jaringan.

MATERI 3 ( VIRTUAL LOCAL AREA NETWORK / VLAN )

Virtual Local Area Network (VLAN) merupakan suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti Local Area Network (LAN). Pada materi yang kali ini, kita akan membahas tentang Virtual Local Area Network (VLAN) dimana diharapkan dapat mengetahui dan memahami konsep Virtual Local Area Network (VLAN)

MATERI 4 ( ACCESS LIST / ACL )

Access List merupakan aturan yang digunakan untuk mengontrol aliran trafik data berdasarkan kriteria tertentu pada jaringan komputer. Untuk mengetahui lebih dalam lagi, dalam materi kali ini telah dijelaskan tentang Access List (ACL).

MATERI 5 ( NETWORK ADDRESS TRANSLATION / NAT )

Kalian mungkin pernah mendengar istilah Network Address Translation (NAT) pada sebuah jaringan.. Agar lebih memahaminya lagi, pada materi kali ini telah dijelaskan tentang Network Address Translation (NAT), dimana kita diharapkan mampu memahami konsep NAT.

MATERI 6 ( FIREWALL )

Untuk materi kali ini, kita akan membahas tentang Firewall dimana Firewall didefinisikan sebagai sebuah komponen atau kumpulan kompnen yang membatasi akses antara sebuah jaringan yang diproteksi dari internet, atau antara kumpulan-kumpulan jaringan lainnya. Untuk mengetahui lebih dalam lagi, dalam materi kali ini telah dijelaskan tentang Firewall.

MATERI 7 ( TRAFFIC ROUTING )

Pada materi kali ini, kita akan membahas tentang Traffic Routing yang dimana setelah mempelajarai materinya kita dapat memahami konsep Traffic Routing.

MATERI 8 ( LOAD BALANCING )

Materi kali ini membahas tentang Load Balancing dimana kita diharapkan untuk lebih memahami lagi tentang Load Balancing itu sendiri.

QUIZ

Silahkan baca dan dijawab dengan baik pertanyaannya serta manfaatkan durasi kuis dengan baik..!