PRAGMATIK PBSD BUGIS 2017


Peserta: 30 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Dosen Pengampu: Dr. Salam, M.Pd.

Setelah selesai perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan tentang teori pragmatik, mahasiswa mampu mengaplikasikan teori pragmatik pada wacana dan konteks bahasa dan sastra Bugis, mampu mengaplikasi teori pragmatik pada wacana pengajaran bahasa dan sastra Bugis, dan memiliki sikap yang baik terhadap perkembangan kebahasaan dalam berbagai konteks sosial dalam membina sikap berbahasa dan bersastra yang baik bagi para mahasiswa sebagai calon guru.


Materi Pelajaran


Pragmatik

Masukkan tugas kelompok pragmatik yang telah dikerjakan secara individu di kolom tugas, setelah itu lakukan diskusi di forum diskusi.

Pragmatik (lanjutan)

Assalamualaikum,

Insyaallah hari ini kita akan melanjutkan perkuliahan daring yaitu melanjutkan diskusi kelompo 3 dan 4. Silakan aktif berdiskusi dalam forum, utamanya ketika berkomentar usahakan klik kolom +tanggapan, krn nilainya lebih tinggi, daripada di kolom komentar. 

Kesantunan berbahasa

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,  Adik-adik mahasiswa.

kali ini tugas yang harus dibuat adalah membuat makalah tentang "Terampil Berdebat Berbasis Kesantunaan Berbahasa" atau "Terampil Berdiskusi Berbasis Kesantunaan Berbahasa"

Silakan dipilih dari salah satu judul di atas, jangan lupa juga dibuatkan contoh-contohnya antara yang santun dengan yang tidak santun dalam penggunaannya. 

Jangan meng-copy paste dari internet, ambillah materi dari google scholar dengan mengubah redaksi bahasanya terlebih dahulu, tetapi isinya tetap sama agar terhindar dari plagiarisme, jangan lupa cantumkan sumber pengutipan dan daftar pustakanya. Gunakan kemampuan kalian dalam mengelola kata-kata.

Oke deeh selamat bekerja.

 

Kak Andis

tuturan

Assalamu alaikum, 

Setelah saya memeriksa makalah yang telah kalian masukkan bahwa 75% mahasiswa melakukan plagiat. Jadi, tolong kerjakan sesuai kapasitas kalian, nilai itu mudah tetapi belajar dengan jujur adalah ibadah. Banyaklah membaca sebelum mengerjakan tugas.

 

 

Materi hari ini adalah tentang kesantunan berbahasa dalam kehidupan sehari-hari.

terkadang ada hal-hal yang kita butuhkan dalam berdiskusi agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi, tugas kalian adalah mengingat kembali situasi belajar yang pernah kalian alami saat berdiskusi dan mencari referensi bagaimana bahasa yang baik itu. berikut saya berikan situasinya, berikanlah contoh kalimat yang tidak santun kemudian berikan kalimat yang sesuai dengan kesantunan berbahasanya dalam:

  1. Tuturan asertif dalam mengemukakan pendapat
  2. Tuturan asertif dalam mengemukakan pendapat
  3. Tuturan asertif untuk mengemukakan alasan
  4. Tuturan asertif dalam menyatakan penolakan
  5. Tuturan direktif untuk permintaan persetujuan
  6. Tuturan direktif yang memiliki fungsi permohonan
  7. Tuturan komisif yang menyatakan fungsi kesiapan
  8. Tuturan komisif yang menyatakan fungsi janji
  9. Tuturan eskpresif untuk menyampaikan permohonan maaf
  10. Tuturan ekspresif untuk mengungkapkan terima kasih
  11. Tuturan ekspresif untuk mengungkapkan kepuasaan
  12. Tuturan ekspresif untuk mengungkapkan perhatian

Artikel lmiah Tugas Akhir Semester

Assalamualaikum wrwb.

 

Pembelajaran hari ini adalah membuat artikel ilmiah tentang kajian pragmatik, pelaksanaan tugas ini selama 3 pekan, tetapi pengumpulan tugasnya dilakukan setiap minggu. Tugas ini juga sebagai pengganti final dan mid semester. Adapun pilihan judul sesuai dengan pembagian kelompok dari keti adalah:

1. Dampak Efektivitas Pesan Berantai Bahaya pada Pemberitaan Covid-19  di Media Sosial. Kajian Sosio-Pragmatik (Kelompok 1)

2. Pengaruh Pikiran, Perasaan, dan Perilaku Sosial terhadap Penggunaan Bentuk Tindak Ilokusi Direktif, Komisif, dan Asertif dalam wacana keluarga selama Pandemi Covid-19 (Kelompok 2)

3. Ketidaksantunan dan Kesantunan Berbahasa pada Pelarangan Salat Jumat di Masjid  selama Pandemi Corona terhadap Pembentukan Karakter Masyarakat Sulawesi Selatan (Kelompok 3)

4. Tindak Perlokusi Terhadap Tindak Tutur Ekspresif Mengeluhkan Covid-19 di Media sosial (Kajian Pragmatik) (Kelompok 4)

Untuk sistematika penyusunan artikel silakan melihat contoh dari Google Cendekia. minimal 11 halaman, spasi 1,5. Times New Roman

Artikel yang dikumpulkan adalah artikel yang dibuat sendiri dengan menggunakan survey online kepada sampel penelitian dan tidak melakukan manipulasi data. penulisannya harus menggunakan mendeley, bagi yang belum paham penggunaan mendeley boleh lihat di tutorial mendeley, lampirkan juga hasil cek plagiarisme agar tidak terjadi copy paste dari internet. Jika ada yang tidak dipahami silakan bertanya secara personal di media whatsapp saya (089695341720)

Latar Belakang artikel

Adapun syarat latar belakang penelitian adalah sebagai berikut:

1. Teori-teori yang mendukung dengan rencana penelitian kita

2. harus mengungkapkan masalah

3. mengungkapkan harapan dan ketimpangan kenyataan yang terjadi (dassein dan das sollen)

4. Mengapa hal itu diangkat, apa urgensinya?

5. Penelitian-penelitian sebelumnya sebagai acuan kita melakukan penelitian.

 

Referensinya semuanya di cari di google cendekia, setiap kalian mengutip harap mencantumkan sumbernya, untuk memudahkan sebaiknya menggunakan aplikasi Mendeley untuk membuat kutipan dan daftar pustaka, kalau belum paham cara menggunakan saya berikan tutorialnya TUTORIAL MENDELEY. Jadi, tugas kalian adalah membuat latar belakang, rumusan masalah, manfaat. sebelum dikirim ke kelase tolong cek plagiarisme dulu. boleh cek di sini. Plagiasinya juga dicantumkan ke kolom tugas, maksimal 0% kalau plagiatnya di atas 0% silakan diubah dulu redaksi bahasanya.

untuk info pertanyaan silakan ditanyakan di grup.