Perkembangan Peserta Didik PBSI C 2017


Peserta: 51 Orang  Pendaftaran: Dibuka 


Perkembangan intelek, sosial, bakat khusus, dan bahasa remaja

Silakan dipelajari materi di atas, setelah itu kerjakan tugas yang ada di penayangan terakhir.

pembagian kelompok oleh keti masing-masing. 

Silakan bekerja secara daring.


Materi Pelajaran


Perkembangan Intelektual, Sosial, Bakat Khusus, dan Bahasa

Masukkan tugas berbentuk power point di kolom tugas secara individu, setelah itu pertemuan berikutnya didikusikan dalam kolom forum,

Pemenuhan Kebutuhan Remaja

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selamat pagi calon pendidik berakhlak mulia, semoga kalian tetap sehat walafiat, berharap badai wabah ini akan berlalu agar kita semua bisa berkumpul kembali di kelas yang kita cintai. Amin ya rabbal alamin.

Sungguh kami, khususnya saya, rindu dengan kalian mahasiswa keren, hebat, dan luar biasa yang penuh keantusiasan, keteladanan, kebingungan, keagresifan, keharmonisan, dan keceriaan dalam mencari ilmu. Saya berharap semua itu tetap ada walaupun kita belajar melalui pembelajaran daring.

Hari  ini kalian akan belajar tentang bagaimana pendidik menyikapi kebutuhan remaja menghadapi zaman yang semakin mengikis norma dan nilai masyarakat yang selama ini kita anut. 

Berikut  penjelasan singkat di materi Pemenuhan Kebutuhan Remaja hari ini, secara panjang lebar silakan dipelajari di google cendekia.

 

Selamat belajar dan tetap semangat jangan mengeluh : )  

Jaga kesehatan dengan tetap berada di rumah,

Jaga keimanan dengan tetap beribadah di rumah.

 

 

Andis

Konsep dan Penyesuaian Diri Peserta Didik

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Insyaallah hari ini sy menyajikan materi Konsep dan Penyesuaian Diri. Tolong disimak baik-baik, krn insyaallah pekan depan kita lakukan mid semester berupa pilihan ganda. 

Ada tugas diakhir penayangan, tetapi insyaallah dikumpul dua pekan kemudian, supaya kalian bisa konsentrasi belajar. Saya mengingatkan bahwa 30 % nilai mahasiswa ada di mid semester ini, ya. 

Selamat belajar karena Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu. 

 

Salam hangat buat kalian,

Kak Andis 

Mid Semester

Soal Mid adalah pilihan ganda akan dimulai pukul 10.30--11.20

Soal hanya terdiri dari dua puluh soal, setiap soal berbobot lima (5), silakan buka referensi, dan tolong fokus mengerjakan jangan saling memberi jawaban.

Pastikan sinyal kalian bagus, ya. 

Selamat bekerja

Kak Andis

Laporan tertulis

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, 

 

Kalian sudah menyelesaikan semua rangkaian materi perkuliahan, kini saatnya melakukan pembelajaran melalui menulis materi yang telah kita pelajari, tetapi tentunya dibagi-bagi dalam kelompok oleh keti masing-masing, sesuai pembicaraan di pertemuan pertama. Laporan makalah kelompoknya harus menggunakan aplikasi mendeley dalam membuat daftar pustaka dan sumbernya, makalahnya akan dikumpulkan dan diperiksa setiap hari Senin smpai nilainya 100%.

untuk lebih lanjut bisa bertanya melalui WA grup.

 

Salam semangat!

 

Kak Andis

Artikel lmiah Tugas Akhir Semester

Assalamualaikum.

Mohon maaf, walaupun hari ini adalah hari libur sy tetap menayangkan tugas pengganti final. Mengingat nilai mid kemarin yang sangat menyedihkan, maka untuk final saya berikan tugas akhir semester menyusun penelitian terhadap remaja. Semoga tugas akhir ini memberikan sumbangan nilai dan pengetahuan yang besar bagi kalian yang bersungguh-sungguh.

Ada pun judul yang bisa dipilih (silakan dibagi ke kelompok yang akan ditentukan oleh ketua tingkat):

  1. Pengaruh Covid-19 terhadap Putusan Pemilihan Jurusan di Perguruan Tinggi (Penelitian Survei)
  2. Pengaruh Profesi Orang Tua terhadap motivasi Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian Survei)
  3. Pengaruh WFH terhadap Perkembangan Bahasa, Emosi, Bakat Khusus, dan Bahasa Peserta didik (Penelitian Survei)
  4. Pengaruh Persepsi Remaja  terhadap gaya mengajar guru selama masa Pandemi Covid-19 (Penelitian Survei)
  5. Pengaruh strategi pembelajaran Online dan motivasi mengajar guru di Masa Pandemi terhadap Motivasi Belajar Remaja (Penelitian Survei)
  6. Pengaruh kecerdasan Bahasa Terhadap Prestasi Akademik Remaja Sekolah Menengah Pertama di Masa Pandemi Covid-19 Kota Makassar (Penelitian Survei)
  7. Pengaruh Nilai-Nilai Budaya Tradisional terhadap pengasuhan Bahasa Anak Remaja (Penelitian Survei)
  8. Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Orang Tua Remaja terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian Survei)
  9. Pengaruh Sadisme terhadap Perkembangan Berbahasa dan Sosial Remaja (Penelitian Survei)
  10. Pengaruh Tindak Anarkistik Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Remaja (Penelitian Survei)

Dengan menyesuikan dengan syarat-syarat penilaian artikel sebagai berikut:

1. Abstrak, syarat abstrak terdiri satu paragraf, 100-200 kata; Berisi paparan singkat tentang: Latar belakang (satu-tiga kalimat saja), tujuan penelitian, metode, hasil utama penelitian (bukan memindahkan tulisan pada kesimpulan, tetapi harus diparafrasa), dan implikasi temuan.

2. Pendahuluan, syarat pendahuluan (latar belakang): Awali dengan memasukkan teori dan referensi dari peneliti lain, lalu kuatkan dengan pendapat peneliti lain, bahwa teori yang Anda ungkapkan mmg benar; Ungkapkan permasalahan; Paparkan kesenjangan penelitian (harapan Anda dan kenyataan yang terjadi), tujuan penelitian, dan batasan penelitian; Paparkan hasil penelitian-penelitian pendahulunya atau sebelumnya; Rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian.

3. Metode, syarat2nya: Bukan menjelaskan pengertia metode Anda, tetapi  fokus ke apa yang kalian lakukan; Desain penelitian dipaparkan dalam bentuk diagram atau flowchart; Karakteristik subjek/objek penelitian jelas; Teknik pengambilan data; Bagaimana langkah-langkah menganalisis data.

4. Hasil dan Pembahasan, syaratnya: Memiliki bagian lebih banyak dibandingkan bagian lain; hasil temuan harus sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian; Hasil temuan harus didukung dengan referensi dari google cendekia; Tabel dan/atau flowchart harus dirujuk dalam hasil dan memiliki penjelasan dan interpretasi.

5. Penutup, syaratnya: Ringkasan hasil penelitian; Jangan menarik kesimpulan dari hasil penelitian yang tdk pernah disinggung sebelumnya; Sebutkan keterbatan penelitian yang Anda lakukan; Berikan ilustrasi atau saran penelitian lanjutan yang bisa dilakukan; tuliskan implikasi penelitian;

6. Berikan ucapan terima kasih kepada pihak yang telah membantu

7.Referensi: Gunakan Mendeley/Zotero (APA Style); Jumlah referensi dalam artikel minimal 30--50 sumber dan 80% adalah hasil penelitian dari jurnal yang ada di google cendekia, jangan lupa cantumkan DOI di belakang daftar pustaka

8. Artikel minimal 9 halaman, spasi 1,5

9.  sertakan instrumen penelitian

10. Jangan lupa cantumkan hasil plagiasinya.

Mengingat nilai harus masuk secepatnya, maka batas pengerjaan artikel penelitian ini hanya lima hari.

 

_ Kak Andis_