Muhaimin Iskandar Bawakan Kuliah Umum di UNM

  • 27 Nov 2017

UNM- Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar membawakan kuliah umum di depan 800 lebih peserta civitas akademika Universitas Negeri Makassar (UNM), di Ballroom gedung Phinisi UNM, Kamis (17/11/2017).

Dalam kesempatan tersebut, legislator yang akrab disapa Cak Imin ini menyampaikan materi yang bertajuk "Membumikan semangat kebhinekaan dalam memperkokoh keutuhan NKRI".Dalam kuliah umum yang berlangsung selama 120 menit tersebut, Cak Imin didampingi rombongan yakni, Mantan Menteri Desa, Marwan Jafar, Anggota DPR RI Jazilul Fawaid, Komisaris PT Petrokimia Putera, Andi Muawiyah Ramli, Tokoh Perjuangan Buruh Indonesia, Dita Indah Sari, Sekjen Perempuan Bangsa, Luluk Nur Hamidah.

Dalam paparannya, Cak Imin dengan tegas menilai fanatisme keagamaan dengan tafsir ekstrim dan gerakan transnasional menjadi ancaman bagi kukuhnya kebhinekaan.“Prinsip kebhinekaan berkontribusi dalam memajukan Indonesia. Sejak belum merdeka, Indonesia sudah menjadi kawasan yang sangat plural, yang memang ber-Bhinneka Tunggal Ika dan Agama menjadi spirit kebangsaan," terang Cucu (alm) pendiri NU ini.

Bagi Cak Imin, mengelola kebhinekaan adalah mengelola perbedaan dan keragaman dalam situasi yang aktual, situasi nyata kekinian. Ia mencontohkan Rasulullah saat mendeklarasikan piagam madinah, justeru menjadi konsensus bersama dari berbagai etnis dan agama.

Bukan mendirikan negara Islam."Sesama anak bangsa jangan sampai saling memusuhi, karena didasari adanya perbedaan. Justru perdedaan bisa dijadikan guyonan yang sehat. "Rileks saja memandang perbedaan, jadikan humor yang sehat," ujarnya.

Kuliah Umum Cak Imin di UNM di buka langsung Rektor UNM, Prof Husain Syam dengan moderator Prof Jasruddin Direktur Program Pascasarjana, Seluruh Wakil Rektor dan Dekan Fakultas, Dosen-dosen hadir dan antusias dalam agenda rutin UNM itu.

Prof Husain Syam menyambut baik kehadiran Cak Imin, Ia berharap spirit dan inspirasi dari Cak Imin akan menjadi motivasi bagi seluruh civitas akademika di UNM. Menurut rektor UNM kuliah kebangsaan seperti ini merupakan hal yang harus seringkali dilakukan sebagai upaya menanamkan semangat nasional NKRI dalam konteks kebinekaan.

"Cak Imin ini luar biasa, sejak usia 32 tahun sudah jadi wakil ketua DPR RI termuda dan selam 10 tahun di DPR RI, ini merupakan motivasi bagi kita semua untuk terus berusaha. Kegiatan ini pula harus sering kita lakukan untuk menanamkan semangat nasionalisme dalam bingkai kebinekaan," Pungkasnya.

administrator

Muhammad R Babo

mriska20@yahoo.co.id